Bersedekah lewat Daring Bolehkah Dilakukan Umat Muslim?

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 15 614 2056083 bersedekah-lewat-daring-bolehkah-dilakukan-umat-muslim-JFeEksrY1e.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAAT ini banyak Fintech yang memudahkan seseorang untuk bersedekah selama Ramadan. Meski sempat pro dan kontra, tetapi umat Muslim merasa dimudahkan daripada harus bersedekah lewat kotak amal di masjid atau di panti asuhan.

Pada dasarnya, sedekah adalah suatu bentuk amal kebaikan yang dilakukan oleh seorang mukmin, sebagai bentuk rasa syukurnya terhadap kenikmatan yang peroleh dari Allah SWT. Sedekah sendiri bisa diberikan baik berupa material ataupun immaterial.

Baca Juga: Gaya Aurel Hermansyah Berhijab, Kece Badai dan Bikin Hati Adem!


Firman Allah

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, niscaya Dia akan menggantinya” [Saba’/34 : 39]

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya, dan Dia-lah Pemberi rizki yang terbaik” [Saba/34 : 39] [11]

 bersedekah tidak hanya bertujuan mendapatkan pahala.

Ustadz Fauzan Amin mengatakan, bersedekah tidak hanya bertujuan mendapatkan pahala. Akan tetapi juga sangat membantu saudara kita yang membutuhkan. Anjuran bersedekah serta manfaatnya bahkan dituangkan ke dalam banyak ayat Alquran dan hadist. Salah satunya orang bersedekah sangat disukai Allah.

Surat Al-Baqarah ayat 195:

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya, “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah. Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah. Karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

Selain itu, bersedekah sama saja berbuat baik kepada orang lain. Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu'in mengatakan sabagai berikut:

وينبغي للراغب في الخير أن لا يخلي كل يوم من الأيام من الصدقة بما تيسر وإن قل وإعطاؤها سرا أفضل منه جهرا

Artinya, “Orang yang ingin berbuat baik seharusnya tidak melewatkan kesempatan bersedekah setiap hari semampunya, meskipun sedikit. Bersedekah dengan diam-diam lebih baik daripada memperlihatkannya.”

Baca Juga: Teriakan Sahur Terpanjang, Khusus untuk Orang yang Sulit Bangun Sahur

Namun, apakah boleh umat Islam bersedekah lewat aplikasi Fintech yang lagi tren sekarang ini? Rupanya bersedekah lewat daring tidak jadi masalah dan mengurangi pahala.

"Infaq atau sedekah lewat daring kini diperbolehkan. Hal itu dilakukan demi mempermudah umat Islam dalam menyedekahkan hartanya," kata Ustadz Fauzan Amin.

Untuk mendukung gerakan tersebut, banyak komunitas mendukung setiap umat Muslim agar semangat bersedekah serta khatam membaca Alquran. Dewan Masjid Indonesia (DMI) berkolaborasi dengan Indonesia Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) dan AGAN menghelat Khatam Fest.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Direktur AGAN Hanno Wirawan mengatakan, ketika mengembangkan ekosistem digital untuk memudahkan transaksi keuangan, mulai dari zakat dan infaq. Di Indonesia sendiri, terdapat 230 juta penduduk Muslim dan 800.000 masjid.

"Kami mengutamakan prinsip syariah yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Jadi boleh saja sedekah di sini dan tetap sah," ucap Hanno.

Selain itu, saat Ramadan membaca Alquran sampai khatam hukumnya sangat dianjurkan. Anda bisa menambah pundi-pundi pahala untuk bekal ke surga.

nda bisa menambah pundi-pundi pahala untuk bekal ke surga.

Jadi Khatam Fest merupakan kegiatan tersebut dapat meningkatkan keimanan umat melalui khatam Alquran, sekaligus memberdayakan perekonomian umat berbasis masjid dan wisata religi. Seseorang harus khatam baca Alquran 30 juz. Acara dihelat di Aceh, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, Banjarmasin dan Ambon.

Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Drs Syafruddin menambahkan, selain khatam baca Alquran, umat Muslim bisa merayakan bulan puasa. Sekaligus dapat meningkatkan literasi dan kemampuan ekonomi masyarakat, agar dapat menjadi wirausaha berbasis masjid.

"Di sini bisa mendiskusikan perkembangan ekonomi syariah dan modern, serta bagaimana kita dapat berperan di dalamnya,” pungkas Syafruddin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya