Tips Mengajarkan Anak Puasa sejak Dini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2019 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 17 616 2056814 tips-mengajarkan-anak-puasa-sejak-dini-r4a7lqd1wU.jpg Ajarkan anak puasa sejak dini (Foto : Thespruce)

Mengajari anak puasa sejak dini adalah sebuah hal yang positif. Selain bisa mendekatkan diri kepada sang pencipta, berpuasa juga bisa menyehatkan tubuh sang buah hati.

Meski demikian, sebagai orangtua yang baik, Anda juga tidak boleh memaksakan kehendak pada anak untuk puasa. Namun, Anda bisa mengajarinya secara bertahap supaya tubuhnya terlatih untuk berpuasa.

Biasanya anak berusia 2,5 sampai 3 tahun kerap mengikuti kebiasaan sang orangtua yang memilih untuk berpuasa. Tentunya banyak yang bertanya bagaimana caranya mengajari anak di usia dini untuk berpuasa?

Menjawab hal tersebut Ahli Gizi, dr. Rizal Alaydrus, MSc, mengatakan bahwa puasa pada anak berusia 2,5 - 3 tahun ada baiknya diajarkan secara bertahap. Hal ini untuk mengetahui kekuatan sang anak dalam menahan rasa lapar saat berpuasa.

“Anak usia 2,5 tahun seharusnya diajarkan puasa secara bertahap. Harus dikenalkan dulu dan didasari oleh kehendaknya sendiri. Dimulai dari 3 jam, lalu enam jam, lanjut ke 12 jam,” terang dr. Rizal, dalam acara Kin Fresh Milk, di kawasan Jakarta Selatan, Kamis 16 Mei 2019.

ajarkan anak puasa sejak dini

Selain itu dr. Rizal juga mengimbau para orangtua untuk tidak membanding-bandingkan kemampuan anak dengan orang lain seusianya. Pasalnya hal tersebut akan mengganggu mentalnya dan bisa membuatnya tertekan.

“Jangan dibandingkan dengan anak-anak lain. Karena bisa memberikan tekanan bagi mereka. Ajarkan secara bertahap dan jangan dipaksakan. Bila sudah tidak kuat, biarkan mereka berbuka,” lanjutnya.

Lebih lanjut dr. Rizal juga mengaku bahwa susu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berbuka puasa. Pasalnya gizi yang terkandung di dalamnya mampu melengkapi kebutuhan gizi anak setelah berpuasa.

“Susu juga bisa menjadi pelengkap bagi anak kecil yang mulai belajar puasa. Susu sebanyak 150 -250 ml liter bisa diberikan kepada anak yang mau minum susu sambil mengonsumsi makanan lain,” tuntasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya