nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips agar Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Rabu 22 Mei 2019 13:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 22 614 2058948 tips-agar-mendapatkan-malam-lailatul-qadar-PIy06QvL6v.jpg Mendapatkan malam Lailatul Qadar (Foto : Islamichelp)

Rasulullah telah memberikan mengisyaratkan datangnya Lailatul Qadar pada umatnya. Tanda – tanda pun telah banyak diriwatkan dari hadist Rasulullah.

“Kita memasuki akhir – akhir Ramadhan ini, tentu kita harus mempersiapkan diri untuk mencari Lailatul Qadar, jadi Lailatul Qadar ini kebaikannya lebih baik dari 1000 bulan” Ujar Achmad Ikrom, Pengasuh Pesantren PPMNU (Pondok Pesantren Mahasiswa Nahdatul Ulama) Kab. Bogor.

Ada beberapa tips agar kita tidak terlewatkan malam Lailatul Qadar. Berikut 3 tips mendapatkan malam Lailatul Qadar :

1. Meningkatkan ibadah di 10 hari terakhir

Pada bulan Ramadan Allah SWT menjanjikan bahwa segala amal ibadah akan dilipatgandakan pahalahanya. Terlebih pada malam Lailatul Qadar, dalam Alquran Allah menyebutkan, malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan. “Tipsnya jangan pernah meninggalkan ibadah di malam-malam bulan Ramadan, terlebih di 10 terakhir Bulan Ramadan” ujar Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Asroni Al Paroya.

meningkatkan ibadah di ramadan

2. Berpikiran baik

Saat Ramadan bukan ibadah saja yang harus diperbaiki, akan teteapi fikiran pun juga perlu diperbaiki. Berpikiran baik bisa diartikan dengan memikirkan diri sendiri, keluarga, serta masyarakat serta umat.

“Jadi yang bisa ketemu Lailatul Qadar itu yang dianggap kebaikannya lebih baik, itu tidak hanya misalnya puasa, kemudia salat, tetapi melakukan kebaikan termasuk berpikir untuk umat, itu juga bagian kebaikan. Insyaallah kalau kita selalu baik artinya siap siap mendapatkan lailatul Qadar.” Ujar Achmad Ikrom, Pengasuh PPMNU (Pondok Pesantren Mahasiswa Nahdatul Ulama) Kab. Bogor.

3. Melakukan banyak ibadah

“Kita usahakan sebaik mungkin untuk beribadah semakin baik di akhir-akhir Ramadan ini dengan segala perbuatan, melakukan banyak ibadah I’tikah, baca Alquran” sambung Achmad Ikrom

Ada suatu riwayat yang berhubungan dengan malam Lailatul Qadar mengatakan bahwa pada sepuluh malam terakhir Rasulullah SAW mengencangkan kain bawahnya, menghidupkan malamnya dan membangungankan keluarganya. “Dari Aisyah RA, ia berkata, bahwa Rasulullah SAW ketika masuk sepuluh terakhir bulan Ramadan, mengencangkan kain bawahnya, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya,” (Muttafaq ‘alaih).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini