Prediksi Malam Lailatul Qadar

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 21 614 2058533 prediksi-malam-lailatul-qadar-NSxhqQkYmL.jpg Prediksi malam lailatul qadar (Foto: Ist)

MALAM Lailatul Qadar adalah salah satu malam yang dirahasiakan oleh Allah SWT oleh karena itu malam lailatul Qadar sulit untuk di prediksi. Karena, ketika kita beribadah pada malam Lailatul Qadar sama seperti kita beribadah 1000 bulan.

Lailatul qadar itu adalah sebuah malam yang dirahasiakan oleh Allah, kalau memprediksi datangnya Lailatul qadr sih tidak bisa namun para ulama memberikan beberapa bocoran tentang Lailatul qadr” Ujar Asroni Al Paroya, Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur.

Meski malam Lailatul Qadar sulit untuk di prediksi, namun Rasulluah menyerukan umatnya dan memberikan isyarat yang terdapat pada hadist yang di riwayatkan oleh Bukhari yang artinya “ Carilah malam lailatul Qadar pada Malam – Malam ganjil dari sepuluh hari terakhir Ramadan (HR. Bukhari)

Berangkat dari hadist tersbut para ulama berpendapat bahwa malam Lailatul Qadar akan berada pada tanggal ganjil tepat di sepuluh hari terakhir Ramadan . “Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah telah menyebutkan empat puluh pendapat ulama tentang malam lailatul qadar, dan pendapat yang paling kuat dari berbagai pendapat yang ada adalah Lailatul Qadar itu terjadi pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadan dan waktunya berpindah - pindah dari tahun ke tahun.” Sambung Asroni Al Paroya

Ustadz Asroni juga menambahkan tentang pendapat Imam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin. Ada lima Hal yang bisa dijadikan patokan untuk mengetahui keberadaan malam Lailatul Qadar, yaitu:

1. Jika hari pertama Ramadan jatuh pada malam Ahad atau Rabu, Maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 29 Ramadan .

2. Jika malam pertama jatuh pada malam senin, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 25 Ramadan.

3. Jika malam pertama Ramadan jatuh pada malam kamis, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 25 Ramadan.

4. Jika malam Ramadan jatuh pada malam Sabtu, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 23 Ramadan.

5. Jika malam pertama Ramadan jatuh pada malam Selasa atau Jumat, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 27 Ramadan.

Malam Lailatul Qadar merupakan satu malam yang di cari umat muslim ketika datangnya bulan suci Ramadan . Secara Bahasa Lailatul Qadar adalah malam seribu bulan. Pada malam tersebut adalah malam turunnya Al – Quran, Allah Berfirman dalam Q.S Al Qodr : 1, yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar”

Dalam firman Allah SWT yang lain, artinya “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qodr : 3). “Lailatul Qadar ini, kebaikannya kalau kita beramal, beribadah, tentu saja kebaikannya lebih baik dari perbuatan kebaikan selama 1000 bulan, 1000 bulan sama dengan 83 tahun” Ujar Achmad Ikrom, Pengasuh Pesantren PPMNU (Pondok Pesantren Mahasiswa Nahdatul Ulama) Kab. Bogor.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya