nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Mengejutkan dan Hikmah dari Kisah Nabi Yunus

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 22:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 23 614 2059667 5-fakta-mengejutkan-dan-hikmah-dari-kisah-nabi-yunus-gkmkLjxhCL.jpg Kisah Nabi Yunus dalam Alquran (Foto: Akhwatmuslimah)

SALAH satu nabi yang dikaruniai mukjizat oleh Allah SWT adalah Nabi Yunus AS. Nabi yang di sebutkan di dalam Alquran itu merupakan nabi yang berdakwah kepada orang Assyiria di Ninawa, Iraq.

Mungkin setiap umat Muslim tahu tentang kisah nabi yang ditelan paus. Namun berapa banyak dari kita yang benar-benar berpikir mendalam tentang kisah Mukzijat ini.

Kisah Nabi Yunus menyimpan banyak keajaiban mungkin sebagian besar dari kita belum mengetahuinya. Berikut adalah 5 Hal yang mengejutkan tentang fakta kisah Nabi Yunus. Dilansir dari Aboutislam, Kamis (23/5/2019).

1. Nabi Yunus mengutuk lebih dari 100 Ribu orang Ninawa

Peristiwa ini mungkin terjadi di antara era nabi Musa dan nabi Daud. Sebuah kota yang berisi populasi 100 ribu orang pada saat itu pastilah sebuah kota metropolitan yang besar. Kota tersebut adalah Ninawa.

Nabi Yunus berjanji kepada umatnya bahwa mereka orang Ninawa akan dihancurkan oleh Allah karena ketidakpercayaan mereka terhadap ajaran dan kenabian Yunus, dan kemudian Nabi Yunus meninggalkan kota yang di kutuknya sembari berdoa kepada Allah untuk mengutuk dan menghukum orang-orang yang tidak mempercayainya itu.

Dengan izin Allah penduduk Ninawa mulai panik ketika melihat tada-tanda kebenaran ucapan dan kutukan dari Nabi Yunus. Setibanya nabi Yunus diutus oleh Allah kembali ke kota Ninawa, Betapa terkejutnya nabi Yunus ketika masuk Ninawa dan tidak melihat satu pun patung berhala berdiri dimana dulunya patung berhala itu disembah oleh mereka. Sebaliknya ia menemui orang-orang yang dahulunya berkeras kepala menentangnya dan menolak ajarannya kini sudah menjadi orang-orang mukmin, soleh dan beribadah kepada Allah SWT.

2. Terjebak dalam perut ikan paus


Allah SWT Berfirman:

"Sesungguhnya Yunus benar-benar salah seorang rasul. (Ingatlah) ketika ia lari ke kapal yang penuh muatan, kemudian ia ikut berundi lalu dia termasuk orang-orang yang kalah dalam undian. Maka ia ditelan oleh ikan besar dalam keadaan tercela. Maka kalau sekiranya ia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit. Kemudian Kami lemparkan dia ke daerah yang tandus, sedang ia dalam keadaan sakit. Dan kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu. Dan Kami utus dia kepada seratus orang atau lebih. Lalu mereka beriman, karena itu Kami anugerahkan kenikmatan hidup kepada mereka hingga waktu yang tertentu." (QS. ash-Shaffat: 139-148)

Allah Menghukum Nabi Yunus karena ikut bermain undian dengan membuatnya di makan oleh Ikan paus sampai dia menyadari kesalahannya. Didalam perut ikan paus Nabi Yunus mengakui kesalahannya dan berdoa kepada Allah SWT:

اَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Yang Artinya: “Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya”

Setelah membaca doa ini nabi Yunus pun diampuni oleh Allah dan Ikan paus itupun memuntahkan dia ke sebuah daerah. Nabi Yunus keluar dengan keadaan Kurus dan sakit dan Allah menumbuhkan sebuah pohon Labu untuk dia makan.

3. Labu sebagai obat


Allah SWT berfirman:

“Kemudian untuk dia Kami tumbuhkan sebatang pohon dari jenis labu.”(QS As-Saffat Ayat 146).

Mengapa Allah menumbuhkan labu? Terungkat rupanyatentang sifat-sifat labu, dan inilah yang saya temukan:

· Buahnya adalah makanan yang sangat kaya nutrisi,

· Labu mengandung karbohidrat,protein, dan juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

· Ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi.

· Ini mengurangi peradangan.

· Meskipun bersifat basa, Labu kaya akan vitamin C, vitamin yang dikenal untuk melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Jika di satukan dengan kisah nabi Yunus, itu adalah obat yang sempurna untuk orang sakit.

4. Makna doa Nabi Yunus


“Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya”

Itulah doa yang diucapkan nabi Yunus ketika berda didalam perut ikan paus, berikut adalah makna dari doa tersebut.

"Tidak ada Tuhan selain Engkau."

Nouman Ali Khan menjelaskan dalam ceramah ini bahwa kata "ilah" memiliki beberapa makna, yang paling jelas adalah orang yang pantas disembah. Arti lain dari kata tersebut meliputi:

Seseorang yang Anda berpaling ketika Anda berada dalam situasi putus asa. Seseorang yang Anda butuhkan. Dan seseorang yang sangat kamu cintai sehingga kamu tidak akan pernah bahagia tanpa dia.

Oleh karena itu, "laa ilaha illa anta" dapat diterjemahkan sebagai: "Tidak ada seorang pun yang layak disembah dan dipuja, tidak ada yang saya butuhkan dalam kegelapan yang sunyi ini, dan tidak ada orang yang dapat saya tuju, kecuali Anda."

Dengan kata lain, Anda memperbarui deklarasi iman Anda, dan pada saat yang sama Anda mengekspresikan kebutuhan dan adorasi Anda kepada Allah.

"Maha Suci Engkau."

Ungkapan "Subhan-Allah" sebenarnya adalah pernyataan bahwa Allah tidak memiliki cacat atau kekurangan. Dengan kata lain, itu berarti Allah itu sempurna. Allah telah menyebabkan Nabi Yunus mendarat dalam situasi yang begitu menyakitkan. Nabi Yunus mengakui kesalahannya kepada Allah SWT.

"Aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat Aniaya."

Ini adalah penyelesaian dari pernyataan sebelumnya. Ini adalah pengakuan atas ketidaksempurnaan sendiri berbeda dengan kesempurnaan Allah. Itu seperti mengatakan: "Kesalahan itu sepenuhnya milik saya sendiri. Saya melakukan kesalahan dan inilah konsekuensinya. "Pengakuan kesalahan seseorang ini juga merupakan permohonan tidak langsung untuk pengampunan.

Tidak heran doa ini sampai sekarang di lantunkan oleh umat muslim untuk bertaubat melihat kisah dari Nabi Yunus.

5. Penduduk Ninawa adalah satu-satunya Kota yang diberi Teguran

Mengapa hanya kota Ninawa karena Ninawa sebelumnya tidak percaya kepada kenabian Nabi Yunus pada saat itu.Ketika Allah mengirimkan hukuman kepada mereka setelah itu mereka baru mencarinya dengan rasa panik, mereka percaya karena nabi mereka telah meninggalkan mereka, mereka sudah dikutuk. Jadi, seratus ribu lebih orang di kota itu pindah ke dataran yang luas dan mulai berdoa kepada Allah dan menangis, mereka semua menjadi orang beriman. Allah SWT mengubah kesalahan Nabi menjadi berkah terbesar bagi umatnya.

Jika Anda khawatir tentang kesalahan orang lain yang memengaruhi Anda, pikirkan Nabi Yunus dan umatnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini