nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Menu Ketupat yang Bikin Lebaran Kamu Nggak Makan Opor Ayam Doang!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 03 Juni 2019 04:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 01 616 2062872 5-menu-ketupat-yang-bikin-lebaran-kamu-nggak-makan-opor-ayam-doang-Emfy9V9Tkq.jpg Ketupat Lebaran (Foto : @sinaryatie-@fatmadeden/Instagram)

Lebaran identik dengan makan ketupat. Bahkan, budaya di Jawa Timur melangsungkan Lebaran Ketupat seminggu usai puasa syawalan.

Tradisi ini sudah berlangsung sejak lama dan sampai sekarang masih terus berlangsung. Ya, bisa dibilang, mereka makan ketupat itu bukan di Idul Fitri, tetapi di Lebaran Ketupat ini.

Terlepas dari budaya Lebaran Ketupat, Anda mungkin terlalu bosan dengan menu ketupat yang biasanya disandingkan dengan opor ayam atau daging. Nah, di artikel ini Okezone coba merekomendasikan Anda menu ketupat lainny yang tidak kalah menggugah selera. Apa saja?

1. Ketupat Babanci

Ketupat ini khas Betawi. Biasanya disajikan dengan kuah santan yang dibumbui aneka rempah seperti kemiri, bawang merah dan putih, dan biasanya rasanya sedikit pedas. Tidak lengkap makan ketupat tanpa daging sapi dan di menu ini pun ada potongan daging tersebut.

Ketupat Babanci

(Foto : @kalalili.thepalis/Instagram)

2. Ketupat Kapau

Seperti namanya, ketupat ini berasal dari Sumatera Barat dan dibuat dari beras ketan yang dilengkapi dengan santan berbumbu. Untuk tambahan menu, biasanya ketupat ini dimakan dengan rendang atau gulai itik cabai hijau. Lebaran jadi eggak biasa kan?

Ketupat Kapau

(Foto : @geanesmarfa/Instagram)

3. Ketupat Betumis

Makanan ini khas dari Banjar di Kalimantan Selatan. Untuk menu yang satu ini, Anda mengombinasikan ketupat dengan daging bebek, udang, bawang goreng, sambal, yang disiram kuah santan gurih. Jadi pengin banget, ya.

Ketupat Betumis

(Foto : @fatmadeden/Instagram)

4. Ketupat Glabed

Hidangan spesial ketupat lainnya ialah Ketupat Glabed. Makanan ini banyak ditemui di Tegal, Jawa Tengah. Menu ini disajikan dengan tempe goreng, sate kerang, kerupuk, dan sambal. Tambahan lainnya yang tidak boleh dilupakan ialah kuah kuning yang sangat khas.

Ketupat Glebed

(Foto : @nurulputri134/Instagram)

5. Ketupat Palas

Jika dirasa semuanya sangat gurih dan asin, maka menu ketupat yang satu ini jadi alternatif pilihan. Ketupat Palas berbahan dasar ketan yang dimakan dengan daging rendang dan kuah gula merah. Rasanya> Ada manis-manisnya gitu. Sangat berbeda dengan menu ketupat biasanya.

ketupat palas

(Foto : @sinaryatie/Instagram)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini