nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tradisi Syawalan Diawali dengan Ziarah ke Makam Kiai Guru

krjogja.com, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 12:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 11 614 2065243 tradisi-syawalan-diawali-dengan-ziarah-ke-makam-kiai-guru-4WxTQfcIMZ.jpg Makam Kiai Guru

KENDALTradisi Syawalan di Makam Kiai Guru atau KH Asy’ari di Bukit Kuntul Nglayang Kaliwungu tahun ini berlangsung meriah.

Acara yang juga dihelat bersamaan dengan haul KH Asy'ari itu dibuka oleh Bupati Mirna Annisa, Senin (10/06/2019) petang. Acara pembukaan ditandai dengan tabur bunga di makam Kiai Asy’ari.

Bupati Mirna kepada masyarakat yang berziarah mengatakan, tradisi syawalan merupakan acara tahunan untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa para ulama yang telah menyebarkan agama Islam. Mereka tanpa kenal lelah dan khawatir akan keselamatan jiwa senantiasa berdakwah menyebarkan Islam.

“Masyarakat Kabupaten Kendal diharapkan semakin meningkatkan ketaqwaan dan semakin beribadat dan menjadikan kiai guru sebagai panutan,” ujar Mirna.

Sementara itu, Pengurus Masjid Al Muttaqin Kaliwungu sekaligus penyelenggara tradisi syawalan, KH Asro’i Thohir, mengatakan, tabur bunga di atas makam Kiai dimaksudkan untuk menghargai para ulama yang berjasa kepada masyarakat.

Bentuk penghargaan kepada para ulama ini juga merupakan bentuk cinta kepada Nabi Muhammad SAW, karena para ulama merupakan pewaris para Nabi. "Tabur bunga sebagai pertanda dimulainya acara syawalan dan merupakan bentuk penghargaan dan mengharumkan ulama," ujar Asro'i Thohir.

Salah seorang peziarah Eko Purwanto warga Gemuh mangaku setiap tahun melakukan tradisi syawalan dengan berziarah.

Dirinya berharap mendapatkan berkah dari Allah dengan berziarah ke makam ulama. "Saya setiap tahun menghadiri tradisi syawalan dan berharap berkah dan rejeki dengan mendoakan para ulama," ujar Eko.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini