nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Keseruan Festival Religi di Pondok Pesantren Ciamis

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 21:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 14 615 2066651 intip-keseruan-festival-religi-di-pondok-pesantren-ciamis-thIR32qCio.jpeg Festival Religi di Ponpes Sirnarasa Ciamis (Foto: Ist)

Setelah melewati ibadah puasa Ramadan, Festival Religi meramaikan pondok pesantren di Ciamis. Adalah Pondok Pesantren Sirnarasa yang menjadi lokasi gelaran Festival Religi pada 12-13 Juni 2019.

Festival yang diselenggarakan oleh Pacific Paint ini dimulai dengan karnaval seni dan budaya. Juga menampilkan berbagai kearifan lokal seperti bazar makanan khas Tasikmalaya dan kerajinan tangan serta hasil pertanian di pondok pesantren tersebut.

Head of Marketing Pacific Paint Ricky Soesanto mengatakan, Festival Religi ini menggambarkan ragam budaya tradisional dan kesenian masyarakat berbasis keislaman yang dikemas secara modern sebagai upaya untuk berinovasi dalam menyampaikan syiar Islam.

 Memotong pita

"Kami melihat Pondok Pesantren Sirnarasa merupakan kiblat edukasi dan wisata religi di Ciamis, serta telah berhasil mencetak ratusan generasi islami maupun tokoh nasional yang tidak hanya berbekal ilmu agama, tetapi juga pengetahuan umum melalui lembaga pendidikan formal," ujar Ricky dalam keterangannya yang diterima Okezone, Jumat (14/6/2019).

Bersama dengan Festival Religi, Pacific Paint juga merevitalisasi Pondok Pesantren Sirnarasa. Menurut Ricky, ini adalah wujud kepedulian terhadap generasi penerus bangsa di pondok pesantren tersebut.

Pengecatan dilakukan di gedung asrama putra dan putri, seluruh kelas yang digunakan untuk Madrasah Aliyah, pembuatan mural dengan gambar bertema islami, memberikan papan informasi mengenai tarekat Islam serta papan arah fasilitas umum di dalam Pondok Pesantren. Pengecatan memakan waktu selama satu bulan dengan menghabiskan cat sebanyak lebih dari 3.000 liter cat kayu dan besi.

"Melalui penyelenggaraan Festival Religi serta revitalisasi fasilitas asrama dan sekolah, kami berharap agar Pondok Pesantren Sirnarasa mampu terus mencetak generasi yang andal dan religius,” lanjutnya.

Pemimpin Pondok Pesantren Sirnarasa, Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul Al Qodri QS (Abah Aos) mengaku sangat antusias terhadap acara ini.

"Melalui program revitalisasi ini saya berharap ke depannya ada peningkatan kualitas pendidikan di pondok pesantren," kata Abah Aos.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini