nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 16:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 14 616 2066498 manfaat-dan-keutamaan-membaca-surat-al-kahfi-di-hari-jumat-dRNAhOyWcm.jpg Membaca Surat Al Kahfi pada Hari Jumay (Foto Ist)

Hari Jumat adalah hari yang paling istimewa bagi umat Islam. walaupun hari lainnya dikatakan hari yang baik, namun berbeda dengan hari Jumat. Hari Jumat merupakan hari yang mempunyai kemuliaan dan keutamaan tersendiri bagi umat Islam. Seperti sabda Nabi Muhammad:

“Sebaik-baik hari adalah hari Jum’at, pada hari itu Nabi Adam AS diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke surga, pada hari itu dia dikeluarkan dari surga, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR. Muslim)

Dalam sabda lain Nabi Muhammad juga mengatakan bahwa, tidak ada hari yang paling mulia selain hari jumat. “Tidak ada hari yang lebih mulia selama matahari terbit dan terbenam selain hari Jumat”. (HR.Ibnu Hibban dalam Shahihnya). Dihari Jumat nabi Muhammad juga menganjurkan umat muslim untuk melakukan amalan sunnahnya yaitu membaca Surat Al Kahfi.

Begitu banyak keutamaan dari surat Al Kahfi yang satu ini, dan keutamaan membacanya di hari jumat seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad. Mungkin sebagian orang belum mengetahui tentang amalan sunnah ini dan keutamaannya, berikut adalah keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, seperti yang dikutip dari berbagai Sumber, Jumat (14/5/2019).

1. Mendapatkan cahaya terang di hari kiamat

Ganjaran yang akan didapat dari Allah untuk orang yang membaca surat Al Kahfi dihari Jumat, adalah akan disinari oleh cahaya pada hari kiamat nanti. Itu dijelaskan Ibnu Umar RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancarkan cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Panjangnya jarak cahaya yang diberikan kepada orang yang sering membacanya di hari Jumat dijelaskan juga oleh Allah SWT, sebagaimana firman Allah: “Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (QS. Al-Hadid: 12)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini