nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Hikmah yang Didapat ketika Sering Mengucap Istighfar

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 21:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 17 614 2067525 7-hikmah-yang-didapat-ketika-sering-mengucap-istighfar-iGK6PFR8TO.jpg Keutamaan mengucap Istighfar (Foto: Doaislami)

ISTIGHFAR atau membaca Astaghfirullah adalah salah satu bentuk memohon ampunan kepada Allah yang dilakukan oleh umat Islam . Hal ini merupakan perbuatan yang dianjurkan dan penting di dalam Islam .

Dalam Islam Astaghfirullah berarti "Aku memohon ampunan kepada Allah". Membaca Istighfar merupakan salah satu cara umat Islam agar terhindar dari perbuatan dosa. Tidak ada batasan kapan dan dimana umat Islam harus membaca Istighfar, Kapanpun kalimat Astaghfirullah bisa dibaca agar terhindar dari segala hal yang berbuntut dosa.

Tahukah Anda ada berbagai keutamaan membaca Istighfar bagi umat Islam. Berikut adalah keutamaan membaca Istighfar dikutip dari berbagai sumber, Senin (17/06/2019)

1. Orang yang beristighfar dicintai oleh Allah SWT

Membaca Istighfar bagi umat muslim juga berarti bertaubat kepada Allah SWT. Dan Allah SWT mencintai orang-orang yang bertaubat kepadanya. Rasulullah pernah bersabda, “Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah SWT. Orang yang bertaubat atas dosanya, bagaikan orang yang tidak mempunyai dosa.” (HR. Ibnu Majah).

Allah SWT juga berfirman dalam Al-Quran: “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS. Al-Baqoroh : 222).

 Membaca istighfar

2. Beristighfar akan menghapus dosa

Semua orang pastinya pernah berbuat salah dan berdosa maka cobalah untuk beristghfar dan bertaubatlah niscaya Allah akan menghapus dosa umatnya yang bertaubat kepada Allah. Rasulullah pernah bersabda, “Allah telah berkata, “Wahai hamba-hamba Ku, setiap dari kalian pasti berdosa kecuali yang Aku jaga. Maka beristighfarlah kalian kepada Ku, niscaya kalian Aku ampuni. Dan barangsiapa yang meyakini bahwa Aku punya kemampuan untuk mengampuni dosa-dosa nya, maka Aku akan mengampuninya dan Aku tidak perduli berapa banyak dosanya.” (HR. Ibnu Majah, Tirmidzi).

3. Mendapat balasan surga

Allah berfirman, “Dan orang-orang yang apabila mengerjakan suatu perbuatan keji atau menganiaya dirinya sendiri, mereka ingat akan Allah SWT, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa-dosanya selain Allah SWT ? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya adalah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang didalamnya mengalir sungai-sungai. Sedang mereka kekal didalamnya, dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.” (QS. Ali Imran : 135 – 136).

Selain itu masih ada lagi keutamaan membaca istighfar, klik halaman selanjutnya.

4. Memberi kebahagiaan bagi yang sedih dan mendatangkan rezeki

Apapun Allah Akan berikan bagi hambanya yang mengingat Allah. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikannya kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad)

5. Kesejahteraan bagi orang yang beristighfar

Allah SWT berfirman , “Maka aku katakan kepada mereka : “Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan deras, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan untuk mu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12).

6. Menjadi orang yang beruntung

Aisyah pernah berkata, “Beruntunglah, orang-orang yang menemukan istighfar yang banyak pada setiap lembar catatan harian amal mereka.” (HR. Bukhari).

Allah berfirman dalam Al-Qur’an, “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah SWT, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An-Nur: 31).

7. Memberi kelegaan hati

Ketika seseorang melakukan suatu kesalahan, pastilah kesalahan yang dilakukan bisa tersimpan di hati dan menjadi beban pikiran tersendiri. Ketika pada akhirnya orang itu mengucapkan kalimat istighfar, maka secara tidak langsung orang tersebut berusaha untuk menghilangkan beban pikiran yang mengganggu tersebut, dan akhirnya pikiran dan hati akan terasa lebih lega

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini