nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Salah Satu Tanda Kiamat, Banyak Orang Ingin Mati, Kok Bisa?

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 14:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 24 614 2070198 salah-satu-tanda-kiamat-banyak-orang-ingin-mati-kok-bisa-znWT5v6IqP.jpg Gambaran kiamat (Foto: Pixabay)

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang siap menghadapi kiamat. Begitu pula dengan kapan datangnya kiamat. Hanya Allah SWT sajalah yang mengetahui.

Tak ada satu pun makhluk di alam semesta yang mampu memprediksi waktu datangnya kiamat. Bahkan, Nabi Muhammad SAW yang menjadi kekasih-Nya pun tidak diberi informasi yang jelas.

 Makam

(Foto: Pinterest)

Hal tersebut ditegaskan Allah dalam Surat al-A’raf ayat 187.

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya : Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Meskipun waktu datangnya kiamat menjadi rahasia Illahi, namun tanda-tanyanya sudah banyak dijelaskan di dalam Alquran dan juga dalam hadits Rasulullah SAW. Dikutip dari berbagai sumber, Senin (24/6/2019), Salah satu tanda kiamat adalah, banyak orang yang menginginkan mati.

Al Bukhari dalam Shahih-nya (7115).

حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ ، حَدَّثَنِي مَالِكٌ ، عَنْ أَبِي الزِّنَادِ ، عَنِ الْأَعْرَجِ ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : ” لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَمُرَّ الرَّجُلُ بِقَبْرِ الرَّجُلِ ، فَيَقُولُ : يَا لَيْتَنِي مَكَانَهُ

Artinya : Ismail menuturkan kepadaku, Malik menurunkan kepadaku, dari Abu Zinad, dari Al A'raj, dari Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam, beliau bersabda : "Tidaklah terjadi kiamat hingga ketika seseorang melewati kuburan orang lain Ia akan berkata : 'Duh, seandainya saya yang berada di tempatnya'"

Keinginan untuk mati yang dimaksud dalam hadits ini adalah ingin mati karena berat dan pedihnya cobaan terkait perkara duniawi ketika itu. Bukan menginginkan mati karena khawatir agamanya rusak atau karena rindu ingin bertemu dengan Allah SWT.

Betapa dahsyatnya cobaan di akhir zaman sampai-sampai orang-orang lebih mengidamkan mati daripada hidup merasakan beratnya cobaan. (MTA)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini