nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buah Kesukaan Nabi Ini Banyak Manfaatnya, Simak Ya!

Intan Afika, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 05:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 24 614 2070313 buah-kesukaan-nabi-ini-banyak-manfaatnya-simak-ya-LkG0Pv8T70.jpg Semangka banyak vitaminnya (Foto: Pixabay)

Semangka sebenarnya berasal dari Afrika Barat. Bijinya ditemukan di situs Mesir kuno, termasuk makam Firaun Tutankamen yang berasal dari milenium kedua sebelum masehi. Bahkan makanan ini telah digambarkan dalam hieroglif Mesir kuno!

Semangka menyebar ke seluruh Asia Selatan dan ke Cina, yang saat ini merupakan produsen semangka terbesar. Semangka hadir di Spanyol Moor, lalu menyebar ke Afrika dan Amerika.

 semangka

(Foto: Cute Girl)

Saat ini semangka jadi makanan yang sangat populer. Semangka juga ditanam di negara-negara Muslim seperti Turki dan Iran. Mereka setiap tahun menghasilkan 3,9 juta ton dan 3,8 juta ton semangka.

Semangka merupakan salah satu buah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad untuk dikonsumsi. Buah ini disebut memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At Tirmidzi, diriwayatkan bahwa Rasulullah pernah makan semangka bersama ruthoh (kurma yang matang sebelum jadi tamar).

Nabi bersabda: " Kita menghilangkan panas dengan dinginnya, dan dingin ini dengan panasnya ini." [HR Abu Dawud (3836) dan At Tirmidzi (1844)].

Buah semangka dalam bahasa Arab disebut dengan Al Baththikh atau buah tembikai. Buah ini memiliki banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan. Buah ini sangatlah disukai oleh Rasul setelah kurma.

Gizi dalam buah semangka antara lain vitamin A, vitamin C, zat besi, magnesium, kalsium, biotin, asam pantotenat.

Manfaat sehat dari semangka yang dikutip dari Muslim Girl pada Senin (24/6/2019) antara lain:

1. Vitamin A

Vitamin A yang ditemukan dalam semangka penting untuk kesehatan mata yang optimal dan meningkatkan kekebalan dengan meningkatkan aksi melawan infeksi sel darah putih yang disebut limfosit.

2. Vitamin C

Vitamin C dalam semangka dapat membantu meningkatkan pertahanan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dan virus. Selain itu, semangka juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya yang dapat mempercepat penuaan dan kondisi seperti katarak.

3. Lycopene

Lycopene adalah karotenoid yang membuat semangka berwarna merah dan hanya tersedia di beberapa makanan, termasuk tomat. Lycopene adalah antioksidan kuat. Semangka mengandung tingkat likopen yang lebih tinggi daripada buah atau sayuran segar lainnya.

4. Citrulline

Citrulline juga ada dalam semangka dalam jumlah yang sangat tinggi dan memiliki manfaat kardiovaskular dengan mendukung produksi arginin yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan Citrulline. Citrulline juga dapat mendukung metabolisme yang sehat.

Selain itu, Semangka juga terbukti mengurangi kanker, peradangan, dan manfaat kesehatan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini