nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Salah Satu Tanda Kiamat, Hilangnya Ilmu dan Merajalelanya Kebodohan

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Rabu 26 Juni 2019 00:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 26 614 2070920 salah-satu-tanda-kiamat-hilangnya-ilmu-dan-merajalelanya-kebodohan-Xul6idK5V6.jpg

Terdapat banyak tanda-tanda kiamat yang dibahas di dalam hadis yang disampaikan Rasulullah SAW. Di antara sekian banyak hadis yang berkaitan dengan tanda-tanda kiamat, salah satunya menjelaskan tentang hilangnya ilmu dan merajalelanya kebodohan menjelang akhir zaman.

Tentang kiamat, Al-Bukhari meriwayatkan dari Syaqiq, berkata, “ِAku pernah bersama ‘Abdullah dan Abu Musa, keduanya berkata, ‘Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ لأَيَّامًا يَنْزِلُ فِيهَا الْجَهْلُ وَيُرْفَعُ فِيهَا الْعِلْمُ.

Artinya: ‘Sesungguhnya menjelang datangnya hari kiamat akan ada beberapa hari di mana kebodohan turun dan ilmu dihilangkan.’”

 Alquran

Turunnya kebodohan dan dihilangkannya ilmu terjadi dengan diwafatkannya para ulama. Dijelaskan dalam hadis dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash Radhiyallahu anhuma, beliau berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللهَ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ الْعِبَادِ، وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَمَاءِ حَتَّـى إِذَا لَمْ يَبْقَ عَالِمًا اتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالاً فَسُئِلُوا، فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا.

Artinya: ‘Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu sekaligus dari para hamba, akan tetapi Allah mencabut ilmu dengan mewafatkan para ulama, sehingga ketika tidak tersisa lagi seorang alim, maka manusia akan menjadikan orang-orang bodoh sebagai pemimpin, lalu mereka ditanya, kemudian mereka akan memberikan fatwa tanpa ilmu, maka mereka sesat lagi menyesatkan orang lain.’

Semakin lama, ilmu senantiasa terus berkurang, sementara kebodohan semakin banyak, sehingga banyak orang yang tidak mengenal kewajiban-kewajiban dalam Islam. Inilah beberapa tanda-tanda kiamat.

Diriwayatkan dari Hudzaifah Radhiyallahu anhu, dia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَدْرُسُ اْلإِسْلاَمُ كَمَا يَدْرُسُ وَشْيُ الثَّوْبِ حَتَّى لاَ يُدْرَى مَا صِيَامٌ، وَلاَ صَلاَةٌ، وَلاَ نُسُكٌ، وَلاَ صَدَقَةٌ وَيُسْرَى عَلَى كِتَابِ اللهِ k فِـي لَيْلَةٍ فَلاَ يَبْقَى فِي اْلأَرْضِ مِنْهُ آيَةٌ، وَتَبْقَى طَوَائِفُ مِنَ النَّاسِ: الشَّيْخُ الْكَبِيرُ، وَالْعَجُوزُ، يَقُولُونَ: أَدْرَكْنَا آبَاءَنَا عَلَى هَذِهِ الْكَلِمَةِ؛ يَقُولُونَ: لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ فَنَحْنُ نَقُولُهَا: فَقَالَ لَهُ صِلَةُ: مَا تُغْنِي عَنْهُمْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ، وَهُمْ لاَ يَدْرُونَ مَا صَلاَةٌ، وَلاَ صِيَامٌ، وَلاَ نُسُكٌ، وَلاَ صَدَقَةٌ فَأَعْرَضَ عَنْهُ حُذَيْفَةُ، ثُمَّ رَدَّدَهَا عَلَيْهِ ثَلاَثًا، كُلَّ ذَلِكَ يُعْرِضُ عَنْهُ حُذَيْفَةُ، ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَيْهِ فِي الثَّالِثَةِ، فَقَالَ: يَا صِلَةُ! تُنْجِيهِمْ مِنَ النَّارِ، ثَلاَثًا.

Artinya: Ibnu Majah berkata: "Abu Mu'awiyah menceritakan kepada kami bahwa Rasulullah SAW bersabda: 'Islam akan terhapus sebagaimana terhapusnya renda pakaian sehingga tidak diketahui apa itu puasa, salat, ibadah, dan sedekah. Dalam satu malam timpul kelupaan terhadap al-Kitab (al-Qur'an) sehingga tidak tersisa satupun ayat di muka bumi dan tersisa satu kelompok manusia. Orang tua renta dan jompo yang berkata: Bapak-bapak kami pernah memberitahu mengenai kata 'Laa ilaaha illallah' lalu kami mengucapkannya'."

 

Hadis ini menunjukkan bahwa pada akhir zaman ilmu telah diangkat dari manusia sehingga al-Qur'an terlupakan dalam mushaf dan dada manusia, maka tinggallah manusia tanpa ilmu. Sementara itu, orang tua dan lansia menggambarkan bahwa mereka mengucapkan laa ilaaha illallah lalu mereka mengucapkannya dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan demikian, kalimat tersebut bermanfaat bagi mereka meskipun mereka tidak memiliki amal shaleh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini