Ini Persiapan Bandara Internasional King Abdulaziz Sambut Jemaah Haji

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 26 Juni 2019 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 26 615 2071038 ini-persiapan-bandara-internasional-king-abdulaziz-sambut-jemaah-haji-788OHqZWdc.jpg Otoritas Bandara King Abdulaziz melakukan persiapan menyambut haji (Foto: Saudi Gazette)

Sebentar lagi umat Muslim hendak menunaikan ibadah haji. Mereka bersiap terbang ke Makkah. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh sejumlah pihak. Termasuk pengelola di Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA) di Jeddah, Arab Saudi.

Menurut rencana, jemaah haji akan mulai tiba di Arab Saudi pada hari Kamis 4 Juli 2019 mendatang. Gelombang pertama berasal dari Bangladesh dengan jumlah jemaah haji mencapai 301 orang.

ย haji

(Foto: The Hajj)

Hal ini diungkapkan oleh Direktur KAIA, Essam Fouad. "Para jemaah haji akan terus tiba melalui jalur udara, darat, dan laut sampai 5 Agustus."

โ€œSemua layanan untuk jemaah umrah akan berhenti dalam waktu 10 hari ke depan,โ€ terang Essam seperti yang Okezone kutip dari Saudi Gazette, Selasa (25/6/2019).

Umat Muslim yang hendak melaksanakan ibadah umrah diperkirakan akan mulai berdatangan kembali pada pertengahan Agustus setelah haji.

Berdasarkan data, selama setahun terakhir lebih dari 7 juta umat Muslim dari luar negeri berdatangan untuk melakukan ibadah umrah. Sementara ibadah haji biasanya dilakukan selama enam hari di bulan Dhul Hijjah atau bulan Haji.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Saat ini otoritas Makkah dan Otoritas Umum untuk Penerbangan Sipil (GACA) berusaha keras untuk memberikan layanan terbaik bagi umat muslim yang hendak beribadah. Semuanya dilakukan agar mereka bisa beribadah dengan mudah, damai dan nyaman.

Di sisi lain, Essam mengatakan, semua instansi pemerintah dan sektor swasta yang terlibat dalam layanan haji secepatnya akan menyelesaikan persiapan untuk menerima jemaah haji. Dengan demikian perjalanan dan ibadah haji bisa memberikan kesan mendalam serta mengesankan.

โ€œNantinya semua pengaturan ada di Terminal Haji KAIA, yang menerima jemaah haji. Para petugas akan memproses paspor jemaah dan mengelompokkannya untuk pergi ke Makkah atau Madinah,โ€ terang Essam.

Di terminal tersebut juga disiapkan 14 lounge yang terintegrasi dan dilengkapi dengan fasilitas untuk menyediakan semua layanan yang diperlukan oleh jemaah.

ย 

Fasilitas meliputi meja khusus untuk paspor, bea cukai, pusat medis, tim medis untuk vaksinasi dan mendeteksi penyakit menular, juga pelayanan Kantor Departemen Haji dan Umrah, kantor agen Amerika, dan fasilitas lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya