Sahabat Muslim Datang ke Pengukuhan, Suster Ini Buktikan Semua Agama Bisa Berdampingan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 10 614 2077177 sahabat-muslim-datang-ke-pengukuhan-suster-ini-buktikan-semua-agama-bisa-berdampingan-fVeR5lmGbX.jpg Suster bersahabat dengan Muslim (Foto: Twitter)

Perbedaan agama tidak menjadi penghalang seseorang untuk bersahabat. Selagi bisa saling menghormati dan menghargai, bersahabat dengan beda agama malah memberi pengalaman yang berbeda.

Seperti yang dilakukan Andrea Desi OP, sebagai seorang suster Katolik, dia tidak membatasi diri untuk hanya berteman dengan orang seagama. Ia malah bersahabat dengan orang Muslim yang berhijab. Persahabatan mereka pun kerap dibagikan di Instagram Andrea @andreadesihani. Agama tak menjadi penghalang persahabatan.

 Masjid gereja

(Foto: Imgur)

Bahkan, di momen pengukuhannya sebagai suster penuh atau dalam istilah Katolik disebut Kaul Kekal, para sahabatnya yang Muslim datang. Momen ini kemudian menjadi viral di media sosial.

Akun Twitter @ZuAndreas yang membagikan momen itu di media sosial. Dalam postingannya itu, Andreas menuliskan pernyataan di mana Suster Andrea bersama teman-teman lintas Iman membuat terkejut gereja. Andrea juga mengaku bangga dengan persahabat lintas agama ini.

"Suster yang di tengah itu baru saja dikukuhkan sebagai suster penuh (kaul kekal). Teman-temannya lintas agama datang mendukung."

Ketika sang suster mengucapkan janji setianya, terlihat beberapa teman Muslimnya menitikan air mata. Ah, indahnya persaudaraan!

Dalam foto tersebut, bisa dijelaskan kalau si suster ditemani 8 teman perempuannya, 4 di antaranya mengenakan hijab. Mereka berfoto di dalam gereja dan foto tersebut dinilai sangat menenangkan.

Postingan ini lantas banyak disukai netizen. Saat Okezone memantau postingan yang dibagikan pada 8 Jui 2019, sudah ada 2,7 ribu netizen yang menyukainya. Komentar yang masuk pun sangat damai dan semuanya salut dengan persahabatan sang suster dengan teman-temannya lintas agama.

Salah satu komentar netizen menjelaskan dengan menggunakan pernyataan Dewi yang belum lama ini viral setelah menjabat tangan Paus Fransiskus di Vatikan.

"So beautiful. Ada kata-kata Dewi (yang kemarin viral salaman dengan Bapak Paus), yang sangat berkesan untuk saya," kata seorang netizen.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Subhanallah begitu indah dan damai dalam kebersamaan sebagai insan di dalam kedamaian dan kesejukan hati menjadikan suasana yang harmonis dalam pelukan kasih sayang Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada semua makhluk-Nya," kata @iskanda80893534

"Rindu melihat kondisi ini sekarang. Jadi barang langka, sementara dulu kita terbiasa bukan? Ada apa dengan Indonesiaku???" ungkap @Herlina_ogie

"Salut!!! Sama-sama pakai kerudung, sama-sama beriman, semoga sama-sama sampai tujuan," kata @Adam61498180

"Alhamdulillah, senangnya masih bisa lihat toleransi dan persahabatan lintas agama. Makin susah ditemukan di zaman sekarang," tutur @shintawin

"Inilah jalan yang dipilih suster dan yang lain sadar dan menghargai serta menghormatinya karena pilihan iman seseorang adalah mutlak suatu kebebasan. Selamat berkarya buat suster yang baru ber-kaul kekal. Tuhan memberkati," papar @kendisdolong1

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya