nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Mengapa Baju Ihram Berwarna Putih

Muhammad Nazri, Jurnalis · Kamis 11 Juli 2019 18:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 11 614 2077715 ini-alasan-mengapa-baju-ihram-berwarna-putih-KT2iI9DC7E.jpg Naik haji wajib pakai ihram (Foto: ABC News)

Haji merupakan rukun Islam ke-lima. Haji memiliki makna yang besar dalam Islam dan ihram adalah salah satu rukun haji yang harus terpenuhi saat menenuaikan ibadah haji.

Ihram adalah pakaian khusus yang harus dikenakan saat haji. Kain berwarna putih ini harus dipakai oleh setiap pria dan wanita muslim dari titik Miqat, batas bagi dimulainya haji. Hal ini sudah menjadi ketentuan untuk semua jemaah haji yang datang dari berbagai negara.

 Ibadah haji

(Foto: Ist)

Ihram sama untuk setiap muslim, tidak memandang status ekonomi, ras, warna kulit, negara asal dan bahasa mereka.

Dilansir dari About Islam, ihram bukan hanya sepotong kain. Ini sangat penting untuk haji dan umrah. Dapat dipahami banyak disiplin ilmu, pekerjaan, dan lembaga pendidikan membutuhkan aturan dalam berpakaian atau seragam tentu sebagai identitas dari pekerjaan dan kesetaraan antar pekerja.

Seperti halnya di rumah sakit, sekolah, kampus, tentara, maskapai penerbangan, dan polisi. Ihram diibaratkan seragam yang digunakan oleh para pekerja kantor.

Kain Ihram

Oleh karena itu status Ihram yang wajib digunakan oleh setiap jemaah haji cukup mudah dipahami. Pertemuan seluruh umat Islam dari seluruh dunia dengan mengenakan kain putih sederhana melakukan kegiatan yang serupa untuk beribadah kepada Allah.

Berbagai macam makna dalam menggunakan ihram. Pertama adalah warna putih yang melambangkan kesucian, kesalehan dan kebersihan. Agama Islam menyebarkan kesan bersih, suci, dan sederhana luar dan dalam.

Dalam hal ini, aturan berpakaian untuk haji benar-benar menggambarkan semangat Islam. Penting memahami hal yang dilarang saat memakai ihram, jika ihram kotor, atau menggunakan wewangian pada Ihram, maka kain ihram harus diganti dengan kain Ihram yang baru untuk melanjutkan proses haji.

Warna putih pada ihram berguna untuk menghindari mencuri perhatian orang, membuat mereka yang mengenakan ihram terlihat seperti orang biasa. Jika tidak ada Ihram, orang akan bebas menggunakan pakaian sesuka hati mereka dengan berbagai jenis kain dan warna, yang berarti perbedaan warna itu akan mengalihkan perhatian para jemaah haji.

Hal tersebut juga akan membuat mereka menonjol ketika mereka menggunakan berbagai jenis pakaian sesuai dengan budaya, negara dan ras mereka.

Keuntungan lain dari ihram adalah dengan mengenakan kain putih tersebut tidak akan menunjukkan status ekonomi para jemaah haji. Kaya atau miskin, seorang pangeran atau pegawai toko, miliarder atau pedagang kecil, semuanya mengenakan pakaian yang sama. Dengan cara ini, orang merasa lebih nyaman dan setara di antara yang lain tanpa merasa ada golongan bawah dan golongan atas.

Ini juga menggambarkan bahwa Allah tidak melihat seseorang berdasarkan harta kekayaannya. Semua orang sama dihadapan Allah kecuali mereka yang selalu bertakwa dan memiliki niat baik dan selalu melakukan kebaikan.

Fakta ini juga dijelaskan dalam Alquran bahwa keimanan seseorang bukan dilihat dari ras, warna kulit, dan kekayaan mereka. Inti dari berkumpul dengan jutaan orang dari berbagai negara di tempat yang sama dan melakukan kegiatan yang sama, berdoa dengan cara yang sama dan meminta pengampunan dan berkah dari Allah bersama adalah bentuk dari menanamkan persatuan, disiplin, dan persaudaraan antar umat Islam.

Ketika jutaan orang berdoa bersama selama berhari-hari dalam pakaian yang sama, itu menciptakan suatu harmoni yang indah. Ini juga sangat dihargai dari berbagai penjuru dunia bagaimana umat Muslim menunjukkan ketertiban yang besar mengikuti aturan berpakaian dan pola ibadah yang sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini