5 Keajaiban Sedekah, Bisa Menyelamatkan Anda dari Kecelakaan

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 12 614 2078041 5-keajaiban-sedekah-bisa-menyelamatkan-anda-dari-kecelakaan-3mRlzpxxV3.jpg Sedekah memberikan banyak keajaiban (Foto: Usatoday)

SEDEKAH merupakan salah satu amal ibadah yang besar pahalanya. Penyakit, musibah, malapetaka dan berbagai cobaan dalam kehidupan itu dapat dihindari dengan bersedekah.

Allah memuji orang yang sedekah melalui tidak hanya dalam satu ayat, namun di beberapa ayat di Alquran. Di antaranya:

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

“(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka.” (QS. Al-Baqarah ayat 3).

وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ، الَّذِينَ إِذا ذُكِرَ اللهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَالصَّابِرِينَ عَلى مَا أَصابَهُمْ وَالْمُقِيمِي الصَّلاةِ وَمِمَّا رَزَقْناهُمْ يُنْفِقُونَ

 Charity

“Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan sembahyang dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang telah Kami beri rezeki kepada mereka.” (QS. Al-Hajj ayat 34-35).

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

"(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan." (Q.S Ali 'Imran ayat 134).

Keajaiban sedekah sudah banyak dirasakan oleh para pelaku sedekah. Salah satunya Ustadz Mahfud Said, seorang ketua Komunitas Da'i Da'iah Indonesia (KODDIN). Ia merasakan begitu banyaknya sedekah membantu hidupnya.

"Setidaknya, Alhamdulillah saya jadi sering umroh dan bawa jamaah-jamaah. Selain itu saya juga pernah kecelakaan parah, motor sampai ringsek, bannya jadi angka 8. Tapi Alhamdulillah sehat, helmnya aja yang baret-baret." ucap Ustadz Mahfud Said kepada Okezone, Jumat (12/07/2019).

"Saya yakin itu semua karena sehari sebelumnya saya habis nyumbang ke masjid." tambahnya.

Ustadz Mahfud Said memang sering sekali menyisihkan uang sakunya ke masjid-masjid yang masih dalam renovasi. Itulah salah satu yang membuatnya sukses saat ini hingga Ia bisa memberangkatkan begitu banyak orang ke Tanah Suci.

Bersedekah ke sebuah masjid termasuk dalam sedekah jariyah yaitu sedekah yang diniatkan untuk kebaikan. Nantinya kebaikan itu akan terus dirasakan hingga orang yang sedekah tersebut meninggal dunia. Misalnya sedekah dalam pembangunan masjid, saluran air, dan sebagainya.

Seperti yang tertulis dalam Hadis Riwayat Muslim, "Rasulullah bersabda, Jika seorang anak Adam meninggal, maka terputuslah seluruh amalnya kecuali tiga hal, sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak (sholeh) yang mendoakan orangtuanya."

 Charity

Dunia ini tidak akan cepat hancur bila masih terjalin hubungan yang baik antara si kaya dan si miskin. Orang kaya memiliki harta, orang miskin mempunyai kekuatan doa, keduanya saling membutuhkan satu dan yang lainnya.

Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadis yang berbunyi,

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya: Diriwayatkan dari Abi Hurairah berkata, Rasulullah bersabda, ”Setiap hari ada dua malaikat yang turun kepada hamba-hamba Allah, salah satunya berdoa:”Ya Allah berikanlah ganti bagi orang yang mau menafkahkan hartanya. Dan Malaikat yang lain berdoa: “Ya Allah berikanlah kerugian, kehancuran bagi orang yang menahan hartanya (tak mau sedekah). (HR. Muslim).

Setelah Okezone rangkum dari berbagai sumber, Abu al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin pernah menjelaskan tentang sepuluh keistimewaan bagi orang yang bersedekah, lima keistimewaan di dunia dan lima diakhirat kelak.

Adapun 5 keistimewaan di dunia yaitu: pertama, menyucikan harta benda yang ia miliki. Kedua, membersihkan badan dari berbagai macam dosa. Ketiga, sebagai tolak bala’ dan berbagai macam penyakit. Keempat, memberikan rasa empati, perhatian kepada fakir miskin. Kelima, menambah keberkahan harta dan mempermudah rizki.

Sedangkan lima keistimewaan sedekah di akhirat yaitu, pertama, sedekah akan menjadi naungan bagi yang memberikannya saat hari kiamat yang teramat panas. Kedua, akan memperingan hisab (hitungan amal) manusia. Ketiga, akan memperberat timbangan kebaikan. Keempat, akan mudah melewati Shirat al-Mustaqim. Kelima, menambah derajat saat di surga.

Dari penjelasan ini, sangat dianjurankan untuk bersedekah bagi orang-orang yang memiliki kecukupan dan kemampuan, bila tidak mampu bersedekah dengan harta yang dimilikinya maka Islam memberi solusi dengan melakukan segala kebaikan. Seperti tersenyum atau memperlihatkan wajah berseri kepada orang lain, itu sudah termasuk sedekah loh!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini