nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Solusi Ingin Naik Haji tetapi Belum Mampu

Jum'at 19 Juli 2019 16:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 19 614 2080948 ini-solusi-ingin-naik-haji-tetapi-belum-mampu-sl9mGSq5CJ.jpg Ibadah haji di Makkah (Foto: Global Kahsmir)

Siapa yang tidak ingin pergi ke Tanah Suci Makkah untuk memenuhi panggilan Allah SWT. Naik haji meraih pahala yang luar biasa dari rukun islam yang ke lima bagi umat Islam merupakan hal penting dilakukan.

 Naik haji

Tentunya semua umat Muslim mendambakan naik haji. Namun tidak semua orang mampu untuk melaksanakan ibadah tersebut.

Jangan berkecil hati Allah SWT Maha Pengasih dan Maha Penyayang kepada hamba-Nya, Dia memberikan alternatif bagi mereka yang belum sanggup untuk menginjakkan kakinya di depan Baitullah.

Di riwayatkan dari Anas bin Malik, Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang melaksanakan salat Subuh secara berjamaah di masjid lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melakukan salat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umrah,” beliau pun bersabda, “sempurna, sempurna, sempurna.” (HR . Thobrani, Syaikh Al Albani dalam shahih Targhib mengatakan hadits ini shahih ligoirihi)

Berdasarkan hadits diatas Allah SWT akan memberikan pahala haji dan umrah secara sempurna (dalam bahasa hajinya pahala haji yang mabrur) bagi hambanya yang mampu untuk salat berjamaah di masjid dilanjutkan dengan berdzikir atau beribadah kepada Allah sampai terbit matahari dan melaksanakan salat sunah yang disebut dengan salat sunah Isyroq.

Seperti dilansir Darunnajah, salat sunah ini tak butuh 2 jam dalam pelaksanaannya dan tidak mengeluarkan harta dan tenaga besar namun pahalanya begitu dahsyat.

Kapan waktu salat Isyroq itu?

Menurut sebagaian ulama waktu salat Isyroq adalah awal diperbolehkannya shalat Dhuha yakni saat matahari setinggi tombak kira-kira 15-20 menit setelah matahari terbit, mengingat waktu shalat Isyroq ini sempit kita harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya dengan mencermati waktunya.

Adapun cara pelaksanaannya seperti salat lainnya hanya berbeda di niatnya. Semoga kita bisa mengambil kesempatan yang luar biasa ini.

Sembari terus memohon diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah haji, kita terus melaksanakan salat Isyroq dengan sabar dan tawakal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini