nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Renungan bagi Para Bule Hunter, Baca Pesan Rasulullah Ini!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 14:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 19 614 2080988 renungan-bagi-para-bule-hunter-baca-pesan-rasulullah-ini-tKVF9dFKWq.jpg Pria bule sering jadi incaran perempuan Indonesia (Foto: CBN)

Banyak perempuan Indonesia berharap bisa menikah atau memiliki pasangan bule. Alasannya ialah memperbaiki keturunan, finansial terjamin, atau untuk belajar bahasa Inggris secara tidak langsung.

 Menikah

Seperti yang diungkapkan Ica, seorang mahasiswi di Bogor. Bagi Ica, menikah dengan bule itu dapat memperbaiki keturunan dan supaya bisa pulang kampungnya ke luar negeri.

"Bagi aku, bule itu menarik karena wajahnya tampan. Ya, sejelek-jeleknya bule tetap tampan di mata aku. Terus, bule itu bisa ngelancarin bahasa Inggris aku," ungkapnya, Jumat (19/7/2019).

Alasan tersebut tidak semua memercayainya memang. Tapi, alasan-alasan seperti itu akan banyak Anda dengar dari mereka yang memang mengincar bule sebagai pasangan hidup.

Lantas, bagaimana Islam menilai perilaku mengejar bule ini?

Jika kita bicara mengenai bule dan pasangan hidup, maka itu bicara masalah hati dan hak seseorang dalam memilih orang yang bakal bersamanya. Tapi, kalau Islam menilainya ternyata harus dari agamanya dulu.

Sebisa mungkin jika Anda menentukan jodoh, dia satu keyakinan dengan Anda. Sebab, bagaimana pun dalam membina rumah tangga, akan banyak hal yang dipikirkan dan agama jadi fondasi utama. Kalau agama berbeda, bagaimana kelangsungan hubungan suami istrinya?

Selain itu, jika Anda menilai bule dari fisiknya, Allah SWT berpesan dalam surah Ar-Rum ayat 22 yang berbunyi:

وَمِنْ آيَاتِهِ خَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافُ أَلْسِنَتِكُمْ وَأَلْوَانِكُمْ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِلْعَالِمِينَ

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lain bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya yang pada demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui." (Ar-Rum: 22).

Perbedaan warna kulit manusia merupakan tanda yang menunjukan keagungan dan kebesaran Allah. Kita harus menelaah dan mengkajinya kembali, serta mencari rahasia yang dikandungnya.

Dalam buku berjudul "Sains dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah" karya Dr Naddiah Thyyarah, jika melihat wajah-wajah manusia, Anda akan mendapati bahwa setiap orang memiliki warna yang berbeda satu dengan lainnya.

Diriwayatkan dari Abi Nadhrah, ia bertutur, "Orang yang mendengar khutbah Rasulullah di Hari Tasyriq kedua mengabarkan kepadaku bahwa Rasulullah bersabda, 'Wahai manusia, ketahuilah bahwa Tuhan kalian satu dan bapak kalian satu. Ketahuilah bahwa tidak ada kelebihan orang Arab atas orang-orang Ajam (non-Arab), dan tidak pula orang Ajam atas orang Arab. Tidak ada kelebihan orang yang berkulit merah atas orang yang berkulit hitam, dan tidak pula hitam di atas merah, kecuali dengan ketakwaan." (HR. Ahmad).

Diriwayatkan pula dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada rupa dan harta kalian, tetapi Dia melihat kepada hati dan amal kalian." (HR. Muslim).

Bahkan, pernah satu ketika sahabat memanggil Bilal dengan, "Wahai anak orang hitam!" dan Rasulullah mendengarnya, beliau langsung marah.

Jadi, tidak ada yang berbeda antara satu manusia dengan manusia lain. Semua sama di mata Allah SWT, kecuali ketakwaannya. Hanya itu bekal yang akan kita bawa saat bertemu dengan-Nya kelak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini