Share

Kisah Nabi Sulaiman Menghidangkan Makanan untuk Seluruh Makhluk Bumi

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Rabu 24 Juli 2019 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 23 614 2082652 kisah-nabi-sulaiman-menghidangkan-makanan-untuk-seluruh-makhluk-bumi-DwUUBUHuzs.jpg Ilustrasi ikan memakan hidangan Nabi Sulaiman (Foto: Health Thoroughfare)

Nabi Sulaiman merupakan anak dari Nabi Daud AS. Beliau dikenal sebagai raja dari segala raja. Beliau diberi mukjizat oleh Allah SWT berupa kebijaksanaan, dapat berbicara dengan segala binatang dan berkuasa atas makhluk halus seperti jin maupun setan.

 Nabi Sulaiman kaya raya

Sebagai raja, Nabi Sulaiman memiliki kekayaan yang luar biasa. Banyak diceritakan dalam literatur, bahkan dalam Alquran yang menjelaskan tentang kekayaan Nabi Sulaiman yang jumlahnya sangat melimpah.

Ustadz Subhan Bawazier mengatakan, Nabi Sulaiman merupakan manusia paling kaya yang pernah Allah Ta'ala ciptakan.

Dikutip dari sebuah video di Youtube, Ustadz Subhan Bawazier mengungkapkan, "Bahkan ada hikayat mengatakan saat terbuka itu pintu istana Nabi Sulaiman, di dalam istananya terdapat taman Sulaiman yang di taman tersebut ada batu dan kerikil yang kita injak saat mengelilinginya, dan batu yang diinjak itu adalah berlian dan permata."

Walau diberi harta yang melimpah, Nabi Sulaiman tetap seorang hamba yang taat dan beriman kepada Allah. Dia tidak sombong atau pelit dengan kekayaan yang dimilikinya. Bahkan hingga suatu ketika, Nabi Sulaiman berkeinginan dan merasa mampu memberi makan semua makhluk hidup di bumi ini, termasuk hewan di darat, laut dan udara.

Kisah tersebut diceritakan dalam Kitab Durrotun Naashihiin Fii Al-Wa’izhin Wa Al-Irsyad, karya Syekh ‘Utsman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakir Al-Khowbawiy, seorang ulama yang hidup pada tahun 13 Hijriyah.

Nabi Sulaiman memohon kepada Allah untuk mengizinkannya memberi makan semua makhluk hidup di bumi. Namun Allah tidak langsung mengabulkan doa Nabi Sulaiman dan menjawab, “Sungguh, engkau (Nabi Sulaiman) tidak akan mampu.”

Namun, Nabi Sulaiman tidak menyerah begitu saja, beliau kembali mengajukan permohonan kepada Allah, hingga akhirnya Allah mengabulkan doa Nabi Sulaiman untuk memberi makan seluruh makhluk hidup di dunia saat itu.

Lantas mulailah Nabi Sulaiman memerintahkan pasukannya, mulai dari manusia, hingga jin untuk memberitahu kepada seluruh makhluk hidup di bumi untuk menghadiri undangan jamuan makannya.

Menurut cerita, makanan yang disajikan Nabi Sulaiman memiliki panjang setara dengan satu bulan perjalanan, begitu pun dengan lebarnya. Lalu Allah bertanya kepada Nabi Sulaiman, “Makhluk manakah yang akan memulai (memakan hidangan yang kamu sediakan)?” Nabi Sulaiman menjawab, “Mereka yang mendarat di darat dan di laut.”

Kemudian dengan kekuasan-Nya, Allah memerintahkan satu makhluk besar dari golongan ikan untuk pertama kali menyantap makanan yang disajikan Nabi Sulaiman.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Alangkah terkejutnya Nabi Sulaiman ketika melihat ikan besar tersebut melahap habis semua hidangan yang sudah disediakannya. Ikan itu kemudian berkata, “Hai Sulaiman, kenyangkanlah perutku, kini aku masih merasa lapar.”

Seketika itu pula, Nabi Sulaiman langsung bersujud sambil menangis kepada Allah memohon ampunan karena merasa sombong dan merasa mampu memberi makan semua makhluk hidup. Padahal memberi makan satu ikan saja ia masih belum cukup dan mampu.

Kisah Nabi Sulaiman ini memberi kita pelajaran dan mengingatan bahwa Allah itu benar-benar Maha Kaya, dan tidak ada yang bisa menandingi kekayaan Allah SWT. Bahkan, kekayaan Nabi Sulaiman yang dianggap sebagai manusia terkaya saja tidak sanggup untuk membuat kenyang satu ekor ikan pun yang merupakan makhluk ciptaan Allah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini