nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alhamdulillah, Arab Saudi Luncurkan Program Penyediaan Air Zamzam bagi Jemaah Haji

Kamis 25 Juli 2019 18:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 25 614 2083565 alhamdulillah-arab-saudi-luncurkan-program-penyediaan-air-zamzam-bagi-jemaah-haji-9g5PEDP4Ob.jpg Air zamzam yang sangat diminati jemaah haji (Foto: Salaam Gateway)

Rupanya Arab Saudi meluncurkan program penyediaan air zamzam bagi para jamaah haji di kantor Al-Zamazema sejak Senin (22/7/2019). Program ini diberi nama Al-Zamzami al-Sagheer.

Program tersebut disponsori oleh Wakil Menteri Agama untuk Haji, Hussein al-Sharif. Ini membuat jemaah haji berbahagia.

 Jemaah haji padati Makkah

Juru Bicara Kantor Al-Zamazema, Amir bin Faisal Obaid mengatakan, program dan inisiatif itu bertujuan untuk menyediakan air zamzam bagi para jamaah haji. Layanan ini diberikan kepada seluruh jamaah haji yang berasal dari luar wilayah Arab Saudi.

Air zamzam yang didisediakan itu juga langsung berasal dari sumur zamzam yang terletak di Masjidil Haram, Makkah. Dalam Islam, zamzam dipercaya sebagai sumber mata air yang dihasilkan secara ajaib dari Allah. Air zamzam dinilai memiliki banyak manfaat, termasuk untuk penyembuhan orang yang sakit.

Dikutip dari Arab News beberapa hari lalu, peluncuran program tersebut menegaskan komitmen Arab Saudi untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien sehingga para jemaah haji.

Seperti dilansir NU Online, dalam menjalankan ibadah haji para jemaah mendapatkan kenyamanan dan kemudahan, termasuk mendapatkan air zamzam yang sangat dinantikan para jemaah haji.

Program penyediaan air zamzam ini dilaksanakan di bawah Kementerian Umrah dan Haji Saudi. Diharapkan jemaah haji makin mudah mendapat air zamzam.

Sementara itu, CEO PT TIPS Inovasi Indonesia Ryan A Ronas mengatakan, melalui aplikasi TIPS Haji dan Umroh yang merupakan aplikasi kargo khusus jamaah haji maupun umrah diharapkan mempermudah jemaah haji membawa air zamzam dari Tanah Suci. Ini penting agar oleh-oleh yang dibawa jemaah haji termasuk air zamzam bisa diangkut ke tanah air.

Ryan mengatakan, pada saat musim haji dan umrah memang sering terjadi masalah kelebihan bagasi. Sebab para jemaah yang mencintai keluarga dan kerabatnya ingin mmembagikan air zamzam.

Oleh karena itu, terang Ryan, mereka sering membawa oleh-oleh melebihi ketentuan. Termasuk air zamzam dalam jumlah di luar ketentuan penerbangan.

Padahal dalam aturan maskapai penerbangan nasional dan internasional mengacu pada peraturan berat bagasi yang diperbolehkan dalam pesawat maksimal tujuh kilogram di kabin dan bagasi 32 kilogram. Air zamzam yang termasuk cairan juga sangat terbatas diperbolehkan di dalam pesawat komersial.

Oleh karena itu, lanjutnya, melalui layanan aplikasi TIPS membantu memberikan solusi masalah bagasi. Aplikasi bisa diunduh gratis lewat Android dan iOS. "Kami harap ini bisa membantu jemaah haji yang membutuhkan."

Kemudahan pengiriman air zamzam, terang dia, jemaah dapat dengan mudah melakukan pemesanan, pembayaran hingga monitoring pergerakan koper dan kargo sejak di Tanah Suci hingga barang tiba di Jakarta. Ada kepastian waktu pengiriman koper dan kargo jemaah sehingga oleh-oleh maupun air zamzam tiba dengan selamat.

1
2

Berita Terkait

Naik Haji

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini