nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ammar Zoni dan Irish Bella Kabarnya Nikah Siri Duluan, Bagaimana Menurut Islam?

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 15:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 31 614 2085870 ammar-zoni-dan-irish-bella-kabarnya-nikah-siri-duluan-bagaimana-menurut-islam-Ygky2yXYyp.jpg Pernikahan Ammar Zoni dan Irish Bella (Foto: Instagram)

AMMAR Zoni dan IRISH Bella  baru saja membuat pernyataan yang mengejutkan. Keduanya mengaku nikah siri sebelum menggelar akad yang ditayangkan secara live pada 28 April 2019.

Ammar Zoni dan Irish Bella mengakui hal tersebut melalui sebuah video yang mereka unggah di kanal YouTubenya. Hal ini dilakukan lantaran banyak netizen yang mempertanyakan usia kehamilan Irish Bella. Lantas bagaimana pandangan Islam mengenai hal ini?

Ketua Komunitas Da'i Da'iah Indonesia (KODDIN), Ustadz Mahfud Said Ad-Demakki, mengatakan bahwa nikah siri sendiri merupakan pernikahan yang dirahasiakan dan dilakukan hanya berdasarkan aturan agama atau adat istiadat. Pernikahan itu biasanya tidak diumumkan pada khalayak umum dan tidak tercatat secara resmi di Kantor Urusan Agama (KUA) atau Kantor Catatan Sipil.

 Irish Bella dan Ammar Zoni

"Namanya nikah siri tentu boleh dilakukan secara diam-diam. Siri berasal dari kata sirrun yang artinya rahasia atau disembunyikan. Pernikahannya tentu dirahasiakan dan sah-sah saja secara hukum fiqih, yang terpenting adalah terpenuhinya rukun menikah," ucapnya kepada Okezone, Rabu (31/07/2019).

"Rukun menikah sendiri itu ada lima. Pertama, ada pengantin pria, kedua ada pengantin wanita, ketiga ada dua saksi, keempat ada wali nikah dan yang terakhir itu melakukan ijab qobul. Kalau sudah memenuhi rukun itu ya sudah sah menikahnya secara agama," lanjutnya.

Selain itu ia mengatakan bahwa yang perlu dipahami dan disunnahkan setelah menikah adalah walimatul ursy, yaitu perta pernikahan. Hal ini dilakukan agar masyarakat tahu bahwa pasangan tersebut sudah menikah dan juga upaya untuk menghindari fitnah. Seperti yang dilakukan pasangan artis Ammar Zoni dan Irish Bella  setelah nikah siri.

"Cuma yang perlu dipahami adalah disunnahkan setelah menikah itu diumumkan, yaitu walimatul ursy. Supaya masyarakat tahu bahwa sang pengantin sudah menikah dan supaya tidak ada fitnah," ucap Ustadz Mahfud Said.

Dari Anas bin Malik, bahwasanya Nabi SAW melihat ada bekas kuning-kuning pada 'Abdur Rahman bin 'Auf. Maka beliau bertanya, "Apa ini ?". Ia menjawab, "Ya Rasulullah, saya baru saja menikahi wanita dengan mahar seberat biji dari emas". Maka beliau bersabda, "Semoga Allah memberkahimu. Selenggarakan walimah meskipun (hanya) dengan (menyembelih) seekor kambing." (HR. Muslim)

Walimatul Ursy terdiri dua suku kata al Walimah dan al ‘Ursy. Walimah adalah al-jam’u yaitu berkumpul, walimah disebut juga dengan tha’amu al usrsy (makanan dipersiapkan untuk cara berkumpul). Sedangkan ‘Ursyi memiliki makna al jifaf wal al tazwiz (nikah).

Dengan itu dipahami bahwa walimatul ursy adalah makanan yang disediakan khusus dalam acara pesta perkawinan. Bisa juga diartikan sebagai makanan untuk tamu undangan atau lainnya. Walimah dalam Islam hukumnya sunnah. Rasulullah Saw sangat menganjurkan walimah walaupun hanya menyembelih seekor kambing.

Suatu ketika Rasulullah Saw mengetahui bahwa Abdurrahman bin ‘Auf telah menikah, beliau bersabda: “Buatlah walimah walaupun (sekadar) dengan seekor kambing.” (HR. Bukhari)

Rasulullah SAW bersabda tentang walimatul ursy, “Walimah adalah suatu perkara yang haq dan sunnah. Barang siapa yang diundang untuk menghadiri walimah, lalu tidak memenuhi undangan itu, maka ia telah melakukan perbuatan dosa.” (HR. Thabrani).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini