Share

Siapa yang akan Menemani saat di Alam Kubur Nanti?

Muhammad Nazri, Jurnalis · Senin 05 Agustus 2019 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 05 614 2087961 siapa-yang-akan-menemani-saat-di-alam-kubur-nanti-6MnwXDVcuG.jpg Manusia harus memperbanyak amal untuk persiapan kematian (Foto: NPR)

Kita sering mendengar terdapat tiga hal yang sudah ditakdirkan sebelum dilahirkan ke dunia adalah jodoh, rezeki, dan kematian. Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, kita pasti akan meninggal.

ย Membaca Alquran

Kematian ini tidak mengenal umur dan waktu. Bisa saja seseorang yang berumur masih terbilang muda sudah meninggal dunia. Ada juga seseorang yang meninggal dunia ketika umurnya lebih dari seratus tahun.

Kita tidak mengetahui hal itu, itu merupakan rahasia Allah SWT. Sebelum meninggal dunia, keadaan manusia berbeda-beda. Ada yang meninggal dengan keadaan husnul khotimah atau dengan cara yang baik atau dengan keadaan suโ€™ul khotimah atau dengan cara yang buruk. Semua tergantung kepada amal yang dilakukan saat masih hidup.

Setelah meninggal dunia, manusia memasuki fase alam barzah atau alam kubur. Malaikat Munkar dan Nakir datang menemui mayat tersebut. Kedua malaikat akan bertanya kepada mayat. Hanya orang yang beriman saja yang dapat menjawabnya dengan baik.

Manusia akan mengetahui nasibnya ketika berada di alam kubur. Apakah mereka termasuk ke dalam penghuni surga atau neraka.

Dalam video ceramah Habib Jindan bin Salim, beliau menjelaskan, siapa yang akan menjadi teman seseorang yang sudah meninggal ketika ia sudah di dalam kubur.

โ€œApabila besok engkau mati, engkau bakal dikafani, dimandikan, kemudian juga disalatkan, dikubur tinggal sendirian. Tak ada yang menemani kita,โ€ jelas beliau.

"Orang yang kita bela mati-matian, tidak akan menemani kita. Teman yang mengajak kita melakukan hal keburukan tidak akan menemani kita,โ€ lanjutnya.

Lalu siapa yang akan menemani di alam kubur?

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

โ€œKalau dulu kita baca Alquran, yang menemani kita Alquran. Kalau dulu kita dzikir, yang menemani kita dzikir. Kalau dulu kita salat, yang menemani kita salat.โ€

Beliau menjelaskan bahwa amal kita selama hiduplah yang akan menjadi teman kita saat di kubur nanti. Apabila kita berbuat kebaikan selama hidup kita, maka kebaikan itulah yang akan menjadi teman kita di kubur nanti, begitu juga sebaliknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini