nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nasihat Mbah Moen untuk Menolong Semut yang Terpeleset ke dalam Air

Muhammad Nazri, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 17:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 07 614 2088997 nasihat-mbah-moen-untuk-menolong-semut-yang-terpeleset-ke-dalam-air-EhACGjixIz.jpg Semut terjatuh ke dalam air (Foto: Shutterstock)

Indonesia masih diselimuti kabar duka. Seorang ulama karismatik KH Maimun Zubair atau yang kerap disapa Mbah Moen wafat di Makkah pada Selasa (6/8/2019).

 Mbah Moen

Sebagai tokoh agama yang dihormati, sosok ulama kelahiran Rembang, Jawa Tengah itu mempunyai pengaruh yang besar di bidang keagamaan. Banyak sekali petuah dan nasihat Mbah Moen yang diberikan kepada masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam.

Salah satunya adalah nasihat beliau mengenai melakukan hal kebaikan mulai dari hal-hal kecil.

Untuk mengenang sekaligus belajar lebih dalam lagi ilmu agama dari nasihat Mbah Moen, berikut Okezone sajikan petuah-petuah Mbah Moen antara lain:

1. Jika engkau melihat seekor semut terpeleset dan jatuh ke dalam air, maka angkat dan tolonglah semut tersebut. Barangkali itu menjadi penyebab ampunan bagimu di akhirat.

2. Jika engkau menjumpai batu kecil di tengah jalan yang bisa menganggu jalannya kaum muslimin, maka singkirkanlah! Barangkali itu menjadi penyebab dimudahkannya jalanmu menuju surga.

3. Jika engkau menjumpai anak ayam terpisah dari induknya, maka ambil dan susulkan ia dengan induknya. Semoga itu menjadi penyebab Allah mengumpulkan dirimu dan keluargamu di surga-Nya!

4. Jika engkau bukanlah seorang yang menguasai banyak ilmu agama, maka ajarkanlah Alif Ba' Ta' kepada anak-anakmu, setidaknya itu menjadi amal jariyah untukmu. Amal jariyah itu tak akan terputus pahalanya meski engkau berada di alam kuburmu.

5. Jika engkau tidak bisa berbuat kebaikan sama sekali, maka tahanlah tangan dan lisanmu dari menyakiti orang lain. Setidaknya itu menjadi sedekah untuk dirimu.

6. Jika engkau melihat orang tua membutuhkan tumpangan, maka antarkanlah ia. Barangkali itu menjadi sebab kelapangan rezekimu di dunia.

Nasihat-nasihat Mbah Moen untuk melakukan amalan ringan itu mengajarkan kepada kita agar senantiasa mengamalkan perbuatan baik, walaupun itu hal yang paling kecil sekalipun.

Banyak sekali hal-hal kecil yang bisa menjadi ladang amal untuk kita. Namun, banyak dari kita seringkali malah abai untuk melakukan perbuatan baik itu walaupun hanya kecil.

Ustadz Asroni Al-Paroya menjelaskan keutamaan dari nasehat yang diberikan oleh Mbah Moen itu.

"Itulah salah satu amalan orang-orang saleh (dari sekian banyak amalan-amalan orang-orang saleh lakukan). Maqolah atau untaian mutiara tersebut merupakan pelajaran yang menyentuh dan harus kita amalkan," jelasnya.

Nasehat yang disampaikan oleh Mbah Moen itu juga senada dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Amr radhiyallahu’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمَنُ ارْحَمُوا أَهْلَ الأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِى السَّمَاءِ

“Orang-orang yang penyayang niscaya akan disayangi pula oleh ar-Rahman (Allah). Maka sayangilah penduduk bumi niscaya Yang di atas langit pun akan menyayangi kalian.” (HR. Abu Dawud, dinyatakan sahih oleh al-Albani)

Ustadz Asroni juga berpesan kepada kita untuk mengamalkan apa yang disampaikan oleh KH. Maimoen Zubair dan tidak pernah memandang atau membedakan perbuatan baik itu besar atau kecil selagi perbuatan itu nilainya baik. Laksanakan dan kerjakan perbuatan itu, janganlah ditunda-tunda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini