Share

Anjuran Nabi untuk Minum Susu sebelum Tidur

Intan Afika, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 23:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 08 614 2089561 anjuran-nabi-untuk-minum-susu-sebelum-tidur-xOTFku5eJI.jpg Anjuran minum susu sebelum tidur (Foto: Rhee Gold)

Tak dipungkiri lagi, susu mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi susu juga bisa mencukupi kebutuhan protein dan lemak pada tubuh sehingga peluang terjadi kekurangan nutrisi pun akan rendah.

 Susu

Dikutip dari akun Instagram @rizkylukylollasari, Kamis (8/8/2019), meminum susu ternyata merupakan anjuran dari Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam loh. Hal tersebut tersirat dalam hadist At Thayalisi,

"Sesungguhnya Allah 'Azza Wajalla ketika menurunkan penyakit pasti juga menurunkan obatnya, kecuali penyakit tua. Lalu hendaklah kalian meminum susu sapi, karena ia terkumpul dari berbagai macam tumbuhan" (HR. At Thayalisi 368, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 518)

اللبن في المنام فطرة

"Minum susu sebelum tidur itu fitrah" (HR. Al Haitsami dalam At Ta'bir 2008, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 2207)

Ketua Forum Dai Muda Indonesia, Ustadz Asroni Al-Paroya mengatakan, Rasulullah sangat menganjurkan minum susu untuk kesehatan. Namun apabila dengan mengonsumsi susu orang tersebut justru terserang penyakit (alergi susu), maka sebaiknya orangt tersebut menghindari konsumsi susu.

"Rasulullah sangat menganjurkan minum susu untuk kesehatan. Kalau di Arab memang tidak ada sapi, adanya onta dan kibas (kambing arab). Namun apabila seorang yang tidak suka minum susu atau alergi minum susu kambing atau sapi atau susu onta sehingga dengan demikian (orang yang alergi tadi) minum susu tersebut membuat ia sakit maka hendaknya hindarilah," ujar Ustadz Asroni Al-Paroya kepada Okezone melalui pesan Whatsapp, Kamis (8/8/2019).

Hal tersebut merujuk pada Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas Radhiyallhu'anhuma, Rasulullah saw bersabda, “Tidak ada satupun makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu.”

"Terkecuali susu dari binatang yang diharamkan oleh Allah SWT, misalnya susu babi, susu anjing, susu kucing, susu harimau, susu singa, dan susu-susu binatang yang diharamkan lainnya," ucap Ustadz Asroni.

"Jadi misalnya ada orang yang ingin minum susu kucing ia kumpulkan kucing betina kemudian ia peras air susunya sampai satu gelas, maka susu satu gelas yang berisi susu kucing itu haram untuk diminum," paparnya.

Alquran pun menunjukkan keistimewaan susu sebagai minuman. Seperti yang tersirat dalam surat An-Nahl ayat 66,

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya” (QS. An Nahl : 66)

Disebutkan dalam surat tersebut untuk meminum susu dari binatang ternak. Sapi termasuk binatang ternak bahkan termasuk tiga dari “bahimatul an’am” dalam sembelihan (unta, sapi dan kambing).

Ibnu Katsir menjelaskan maksud dari “dari perut”, beliau berkata,

إذا نضج الغذاء في معدته تصرف منه دم إلى العروق ، ولبن إلى الضرع وبول إلى المثانة

“Jika makanan telah tercerna diperut, maka (makanan adalah bahan) yang menjadi darah ke pembuluh darah, menjadi susu ke puting dan menjadi air kencing ke kantung kemih.”

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dalam riwayat lain juga mengatakan bahwa jika ada seseorang memberikan susu sebaiknya jangan ditolak. Sebagaimana dalam hadist, "Tiga hal yang tidak boleh ditolak jika diberi: bantal, minyak wangi dan susu" (HR. At Tirmidzi 2734, dihasankan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 619)

"Barangsiapa yang memakan suatu makanan yang dikaruniai oleh Allah, hendaknya ia berdoa: 'Allahumma baarik lana fiihi (ya Allah, limpahkan keberkahan pada kami dalam makanan ini). Dan barangsiapa yang minum susu yang dikaruniai oleh Allah, hendaknya ia berdoa: Allahumma baarik lana fiihi, wa zidna minhu (ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan karuniakan kami lebih banyak dari susu ini) karena aku tidak tahu satupun yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu." (HR. Abu Daud 3245, Ibnu Majah 3321, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini