nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Arab Saudi Kerahkan Robot untuk Bantu Jemaah Haji

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 20:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 09 614 2089961 pemerintah-arab-saudi-kerahkan-robot-untuk-bantu-jemaah-haji-QsunLLxm11.jpg Robot membantu jemaah haji (Foto: Alaraby)

Setiap tahunn lebih dari 2 juta orang dari seluruh dunia datang dan berkumpul di Makkah untuk melaksanakan ibadah haji.

 Jemaah haji mulai ibadah

Banyaknya jumlah manusia tersebut lantas membuat Pemerintah Arab Saudi mempekerjakan robot yang dapat menyediakan layanan kepada para jemaah haji dengan mengeluarkan fatwa atau aturan-aturan agama.

Dilansir dari The New Arab, Jumat (9/8/2019), robot ini telah dijalankan dengan sebuah program khusus dari Kementerian Agama Arab Saudi dan akan melakukan perjalanan di antara 6.500 jemaah yang telah tiba di Makkah.

Dikendalikan dari jarak jauh dan terhubung ke tim ulama serta cendekiawan dari kementerian, robot ini dapat memberikan nasihat serta aturan agama dalam sejumlah bahasa.

Tersedia pula robot lain yang menyediakan layanan yang sama bagi jemaah haji yang tuli dan buta.

Hadirnya robot fatwa ini sangat membantu para jemaah haji dalam memahami dan mengetahui kapan dan bagaimana melakukan rangkaian ibadah haji dari awal sampai selesai.

Puncak musim haji tahun ini jatuh pada tanggal 10 Agustus, 2019. Lebih dari 1,8 juta Muslim dari luar Arab Saudi melakukan ibadah haji tahun ini. Sedangkan ratusan ribu lainnya merupakan peziarah dari dalam negeri.

Namun, ada seruan untuk memboikot haji tahun ini, sebagai protes atas kebijakan regional yang agresif dan pelanggaran hak asasi manusia di Arab Saudi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini