nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wajah Dibilang Bercahaya karena Wudu, Mahfud MD Jawab Pakai Bahasa Arab!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 14:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 12 614 2090873 wajah-dibilang-bercahaya-karena-wudu-mahfud-md-jawab-pakai-bahasa-arab-zp2uiS6SC2.jpg Mahfud MD wajahnya dinilai bercahaya oleh netizen (Foto: Twitter)

Ada yang menarik di Twitter mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD pagi ini, Senin (12/8/2019). Pria itu menjawab pernyataan netizen yang cukup nyeleneh.

 Mahfud MD wajahnya dinilai bercahaya

Pernyataan itu dilontarkan netizen setelah melihat postingan Mahfud MD berfoto mengenakan pakaian khas Yogyakarta bersama 3 pria lainnya. Dalam postingan itu, Mahfud MD coba menjelaskan soal agama Islam dan sebarannya di muka bumi ini.

"Islam menyebar ke suluruh alam sebagai rahmah melalui penyesuain dengan budaya setiap bangsa, bahkan juga pembuatan fikih-fikih yang aktual dengan kebutuhan tanpa kehilangan prinsip dasarnya sebagai agama tauhid yang sangat peduli pada persaudaraan antar manusia dengan segala fitrah perbedaannya," begitu caption fotonya.

Posting-an itu kemudian mengundang reaksi netizen. Salah satunya dari akun @Dirga_Atmadja yang berkomentar, "Wajahnya bercahaya sekali Prof, pasti suka jaga wudu dan rajin salat, ya? Dan pastinya nggak alergi kan dengan bendera Tauhid? (smile blushing)," tulisnya.

Reaksi itu rupanya mengundang Mahfud MD untuk memberi tanggapan. Reaksi Mahfud ternyata cukup bisa membuat netizen Twitter senyum-senyum sendiri. Sebab, jawabannya dianggap terlalu polos. Begini jawabannya,

"Haha Soal cahaya di wajah itu sering tergantung pada cahaya saat dipotret. Kalau difoto di tempat terang, ya, wajahnya cerah, kalau difoto di tempat gelap wajahnya bisa gelap juga," katanya.

Lalu, Mahfud MD juga tidak menyangkal kalau memang orang-orang yang rajin wudu dan salat itu memiliki wajah bercahaya. "Tapi betul, orang beriman itu, meski fotonya hitam tapi auranya memikat karena 'taraahum rukka'an sujjadaa'," sambungnya.

Perlu diketahui, sesungguhnya wudu memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah untuk membuat wajah bercahaya.

Setiap umat Muslim saat berwudu berupaya menghilangkan najis ringan. Ketika berwudu ada gerakan membasuh muka yang dapat menghilangkan kotoran pada wajah, ini membuat wajah terlihat cerah dan bercahaya.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda :

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajah dan badannya bercahaya) karena bekas wudu, maka barang siapa mampu untuk memanjangkan ghurran, hendaklah ia melakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini