Ini Resep Bahagia ala Aa Gym!

Ilham Satria, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 15 614 2092202 ini-resep-bahagia-ala-aagym-AZeP9V8h87.jpg Aagym sering membagikan resep bahagia (Foto: Inst)

Sebagai umat Muslim, kita harus melakukan kebaikan ke sesama manusia. Dalam Islam hal ini disebut dengan husnudzon atau berbaik sangka.

 Jangan berburuk sangka agar bahagia

Tujuannya agar umat Muslim mendapatkan hidup yang lebih tenang dibandingkan hidup dengan penuh rasa curiga atau suudzon.

Manusia yang memiliki sifat husnudzon memiliki kehidupan yang tenang dan tentram, sebab ia senantiasa untuk berpikir positif.

Hal ini diajarkan dalam Islam kepada setiap umatnya untuk memiliki prasangka baik terhadap sesama manusia. Sebab sifat prasangka buruk adalah suatu perilaku yang tercela dan disukai oleh setan.

Dalam sebuah posting-an di Instagram, Aa Gym mengatakan, sahabat, jika ingin bahagia caranya dengan berhusnudzon. "Selalu cari 1001 alasan untuk berbaik sangka."

Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Alloh. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."

(Q.S Al Hujurat Ayat 12)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara itu para netizen memberikan komentar dalam posting-an Aagym. Mereka mengaku kesulitan untuk berbaik sangka.

"Kadang susah skali menata hati ini utk tdk berprasangka apalagi ttg pasangan, pas hati kecil berbicara kebanyakan prasangka itu benar, Dan ternyata pasangan Kita berbohong kpd kita," ujar @ineliciouz

"Jika ingin telpon ga bisa knp, mksdnya spy jelas, biar ga berburuk sangka, masa nunggu terus. Sehari dua hari, gpp. Ini sampe 2 thn.., kasih kabar ke, atau memperjelas.." kata @nina681988

Oleh karena itu, untuk membuat kita berbaik sangka dibutuhkan latihan. Tak bisa begitu saja.

Berburuk sangka atau suudzon adalah perbuatan yang tidak disukai oleh Allah SWT. Orang yang memiliki sifat suka berburuk sangka kepada orang lain, maka dia akan berusaha mencari-cari kesalahan dan keburukan saudaranya tersebut untuk membuktikan prasangkanya.

Rasulullah SAW pernah bersabda:

إِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ فَإِ نَّ الظَّنَّ أَكْذَ بُ الْحَدِيْثِ

“Hati-hatilah kalian terhadap prasangka (buruk) karena prasangka (buruk) adalah perkataan yang paling dusta.” (HR. Muslim)

Maka dari itu sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk menjauhi sifat suudzon, karena sifat suudzon dapat menjadikan diri kita celaka dan merusak tali persaudaraan sesama muslim.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya