nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peneliti Jepang Ungkap Fakta Unik Air Zamzam

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 10:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 23 614 2095596 peneliti-jepang-ungkap-fakta-unik-air-zamzam-HUWybka0zb.jpg Air zamzam yang sangat diminati jemaah haji (Foto: Salaam Gateway)

Kesegaran air zamzam memang sudah tidak diragukan lagi. Setiap jamaah haji atau umrah pergi ke Tanah Suci, zamzam menjadi salah satu yang diburu.

 Air Zamzam disukai semua orang

Air zamzam juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, serta keberkahan yang melimpah bila Anda meminumnya.

Air zamzam adalah makanan dari semua makanan, artinya berbagai macam makanan dan unsur-unsur bermanfaat ada dalam air tersebut. Seperti dikutip dari buku pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah yang ditulis oleh Dr. Nadiah Thayyarah, Nabi bersabda tentang sifat-sifat air zamzam. "Ia air yang diberkati dan makanan terbaik," (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain "Ia penyembuh penyakit," (HR. Muslim).

Dalam riwayat lain, "Air zamzam akan memberikan apa yang menjadi tujuan peminumnya," (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Air zamzam dikenal juga sebagai obat dari segala penyakit. Dan bagi siapa saja yang meminumnya dengan niat karena Allah, maka akan dikarunai berkah.

"Jika kamu meminumnya untuk mendapatkan kesembuhan, maka Allah akan menyembuhkanmu.Jika kamu meminumnya untuk mendapatkan rasa kenyang, maka Allah akan menyangkanmu. Dan jika kau meminumnya untuk menghilangkan dahagamu, maka Allah akan menghilangkannya. Ia adalah paket yang dibawa Jibril dan minuman Allah untuk Ismail," (HR. Daruquthni).

Air suci satu ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Sumur zamzam telah ada sejak lama, sejarhanya kembali ke 3.300 tahun yang silam.

Kebanyakan sumur di atas permukaan bumi hanya memancarkan airnya hingga 50-150 tahun, kemudian mengering. Namun sumur zamzam terus mengeluarkan airnya sejak ribuan tahun lalu, hingga kini.

Peneliti asal Uneversitas Yokohama Jepang, Dr Masaru Emoto membuktikan secara ilmiah pada 1994 bahwa zamzam memiliki struktur molekul air yang unik. Temuannya ini dipublikasikan dalam bukunya yang cukup laris di Jepang dan Amerika, yaitu "The True Power of Water".

Di dalam bukunya ini jelaskan, hasil analisis bahwa air memiliki sifat sensitif namun juga reaktif. Bila dibacakan kalimat atau kata-kata yang baik, maka air akan bereaksi positif. Begitu pula sebaliknya, jika diucapkan hal-hal buruk, maka reaksinya akan negatif.

Uniknya, Masaru Emoto menggambarkan molekul zamzam nampak seperti kristal yang indah berbentuk heksagonal (segi enam). Maka label baik atau buruknya akhirnya akan menentukan jenis kristal yang akan terbentuk nantinya.

Pihak dari Arab Saudi dan penelitian lainnya mengemukakan, setiap satu liter zamzam mengandung klorida (159,75 mg), sulfat (140 mg), bikarbonat (398,22 mg), kalium (182,2 mg), kalsium (158,58 mg), dan natrium (318 mg). Kandungan mineral dalam air tersebut juga lebih tinggi, dibandingkan air pada umumnya.

Dalam Faidh al-Qadir dijelaskan, bahwa zamzam adalah air minum dan bantuan yang diberikan Allah kepada putra Ibrahim, Ismail as. Barang siapa yang meminumnya dengan ikhlas akan mendapatkan hajat dan keinginan, dan mereka pun benar-benar mendapatkan hajat.

Ada banyak orang yang mendapatkan manfaat dari air zamzam. Mulai dari sembuh dari penyakit, mendapatkan keturunan, hingga keberkahan lainnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini