nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peran Astronom Muslim dalam Memberi Nama Bintang di Angkasa

Yunita, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 09:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 23 614 2095802 peran-astronom-muslim-dalam-memberi-nama-bintang-di-angkasa-nSRLjWiMoL.jpg Bintang-bintang di angkasa punya nama Arab (Foto: Youtube)

Rupanya penemuan bintang-bintang tak hanya dilakukan oleh astronom barat. Sesungguhnya banyak juga peran astronom muslim dalam penemuan bintang-bintang di angkasa.

 Bintang di angkasa punya nama Arab

Peran menonjol para astronom muslim selama masa keemasan Islam rupanya menjadikan banyak bintang di angkasa yang diberi nama dari bahasa Arab. Namun banyak orang belum mengetahuinya.

Memang nama bintang-bintang ditulis dengan nama Latin, tetapi kita sering menemukan jejak kata-kata Arab di dalamnya. Para astronom Islam seperti Abd al-Rahman, al-Sufi memiliki peran penting dalam menyebarkan pengetahuan soal astronomi kepada umat manusia.

Abd al-Rahman, al-Sufi menerjemahkan informasi penting seperti karya terkenal Ptolemy dan Almagest. Ia juga menerjemahkan karya kosmologi Aristoteles, gerakan bintang-bintang, bulan, planet jupiter, planet saturnus, gerhana, dan sebagainya.

Guna menerjemahkan suatu karya serumit ini, seseorang harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang masalah itu sendiri.

Para astronom Muslim sebenarnya tidak hanya menerjemahkan karya-karya astronomi para pemikir barat. Namun mereka juga menambahkan banyak informasi penting soal astronomi di karya terjemahan tersebut.

Banyak nama bintang akhirnya disalin dan digunakan di Eropa. Namun mereka sering kali tidak mengetahui bahwa asal usul nama-nama ini adalah berasal dari bahasa Arab.

Di bawah ini terdapat beberapa contoh bintang terang dengan nama Arab, di antaranya:

1. Altair

Nama bintang ini sebenarnya adalah An-Nisr ut-Ta'rir, yang berarti elang terbang.

2. Rigil Kentaurus

Berasal dari Rijl ul-qanturis, yang artinya akan menjadi kaki centaur.

3. Deneb

Adalah versi singkat dari bahasa Arab 'Dhanab ud-Dajajah' , yang berarti ekor ayam betina.

4. Alnitak

Alnitak artinya korset, bintang ini bernama Alnitak yang berasal dari kata Arab 'An-Nitaq'.

5. Fomalhaut

Bintang ini diberi nama 'Fum al-Hul' dalam bahasa Arab, yang berarti mulut Paus. Ia dikenal sebagai bintang Fomalhaut.

6. Algol

Algol adalah versi singkat dari nama Arab 'Ra'as al-Ghul'. Kami mengenali kata ghoul di dalamnya. Ghoul merupakan hantu adalah sosok dalam legenda Arab, dan merupakan sejenis iblis, monster yang menakutkan.

Seperti dilansir About Islam, Jumat (23/8/2019), begitu banyak bintang yang cerah dan terang yang memiliki nama berasal dari Bahasa Arab. Namun sayangnya tak banyak orang yang tahu mengenai astronom Muslim yang berada di balik layar penamaan bintang-bintang tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini