Pentingnya Dzikir dan Infak bagi Umat Islam

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 24 614 2096109 pentingnya-dzikir-dan-infak-bagi-umat-islam-oH02ErGQrp.jpg Pria berdoa untuk mendapat ampunan Allah (Foto: Spectator)

Banyak amalan saleh yang bisa kita praktikan setiap hari, misalnya dzikir dan infak. Memang sepertinya ringan, tapi sebagian orang cukup sulit melakukannya.

 Berdzikir kepada Allah

KH Muchlis M Hanafi mengatakan, dzikir dan infak merupakan dua bentuk ibadah yang merepresentasikan dimensi ketuhanan dan kemanusiaan dalam Islam. Keduanya ibadah yang penting dan sangat dianjurkan untuk dilakukan.

"Islam bukanlah agama yang hanya mementingkan aspek spiritualitas dan mengabaikan aspek keduniaan atau sebaliknya, agama yang hanya mementingkan aspek material namun mengabaikan aspek spiritual," katanya pada Okezone di Masjid Istiqlal.

Kiai Muchlis menjelaskan, Islam menjaga keseimbangan antara keduanya, dimensi ketuhanan dan sekaligus kemanusiaan. Aspek spiritualitas juga aspek yang bersifat materialitik.

Biasanya, dzikir dan infak dalam konteks ibadah haji bertujuan untuk membangun hubungan yang baik dan harmonis baik dengan sesama manusia, maupun dengan Allah.

"Hubungan dengan Allah dibangun dengan menyibukkan diri, melalui dzikir dalam rangka mengasah spritualitas dalam diri sampai pada tingkat kesempurnaannya. Sedangkan hubungan dengan manusia dibangun dengan meningkatkan kepedulian sosial dan rasa empati melalui infak atau sedekah," ujar Penerjemah Presiden Joko Widodo ini.

Selain itu, spritualitas yang tinggi memiliki kaitan yang sangat erat dengan kedermawanan. Terdapat di dalam sebuah hadist, digambarkan bahwa Rasulullah adalah seorang yang sangat dermawan, apalagi saat bulan Ramadan.

Setiap malam Rasulullah berjumpa dengan malaikat Jibril, beliau melakukan mudarasah atau membacakan Alquran. Setiap kali selesai berjumpa dengan Jibril kedermawanan Rasulullah pun semakin meningkat. Bahkan, digambarkan seperti angin yang ditiup melesat kencang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini