Niat Puasa Asyura dan Keutamaannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 01 September 2019 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 01 614 2099187 niat-puasa-asyura-dan-keutamaannya-Cay8I3fVPH.jpg Umat Muslim puasa asyura (Foto: Pexels)

Banyak amalan yang bisa dilakukan pada bulan Muharam untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT. Salah satu amalan itu adalah puasa Asyura.

 Puasa Asyura untuk mendapat pahala

Puasa Asyura adalah puasa yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharam pada Kalender Islam Hijriyah. Perlu diketahui Tahun Baru Hijriah 1441 bertepatan dengan hari Minggu 1 September 2019.

Puasa Asyura adalah salah satu puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah. Beliau bersabda,

"Saya lebih berhak mengikuti Musa dari kalian (kaum Yahudi)."

Maka kemudian beliau berpuasa pada hari itu dan memerintahkan umatnya untuk melakukannya. (HR Bukhari)

صُومُوا يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَخَالِفُوا فِيهِ الْيَهُودَ صُومُوا قَبْلَهُ يَوْماً أَوْ بَعْدَهُ يَوْماً

"Lakukanlah puasa Asyura, dan jangan sama dengan Yahudi. Karena itu, lakukanlah puasa sehari sebelumnya dan sehari setelahnya". (HR. Ahmad, 2191 dan Baihaqi dalam al-Kubro, 8189).

Lalu bagaimana niat puasa Asyura?

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Niat puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ فِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاء سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: saya niat puasa sunah Asyura sunnah karena Allah Ta’ala.

Adapun ayat Alquran yang menerangkan tentang disunahkan berpuasa di hari asyura.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa"(QS. At-Taubah: 36).

Lalu apa keutamaan puasa Asyura?

Keutamaan puasa Asyura adalah dapat menggugurkan dosa-dosa setahun yang lalu. Imam Abu Daud meriwayatkan dari Abu Qatadah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Puasa di hari Asyura, sungguh saya mengharap kepada Allah bisa menggugurkan dosa setahun yang lalu. (HR Abu Daud)

Sesungguhnya sangat besar keutamaan yang terkandung pada puasa Asyura. Maka ada baiknya umat muslim melaksanakan demi mendapatkan pahala di sisi Allah SWT.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya