Berapakah Usia Ideal Menikah Menurut Syariat Islam?

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 23:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 04 614 2100772 berapakah-usia-ideal-menikah-menurut-syariat-islam-SX3L4VVpnG.jpg Umat Muslim menikah (Foto: World Wide Match Maker)

Menikah merupakan harapan setiap manusia. Termasuk putra sulung Ahmad Dhani, Al Ghazali mempunyai keinginan untuk menikah muda. Bahkan dia sudah mempunyai kriteria perempuan yang ingin dijadikan sebagai istrinya. Namun sejatinya usia ideal menikah bagi setiap orang berbeda.

 Menikah sesuai syariah

Lalu berapakah usia ideal menikah menurut syariat Islam?

Ustadz Djaelani (Udjae) mengatakan, di dalam Islam sebenarnya tidak ada patokan usia dalam menikah. Tapi dengan catatan sudah mencapai umur baligh dan juga mampu.

"Di dalam Islam sebenarnya tidak ada patokan usia, yang penting selama dia sudah mencapai umur baligh untuk persoalan menikah. Jadi selama dia mampu untuk melakukan sebuah pernikahan, maka disarankan untuk menikah di usia yang sudah mampu melakukannya," ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (4/9/2019).

Selain itu, persoalan menikah jika dilihat dari sisi Islam untuk menjauhi fitnah dan menghindari perzinaan. Pernikahan adalah solusi yang tepat untuk menghindari itu semua.

"Alhasil intinya, selama orang itu sudah baligh, dan mampu melakukan pernikahan maka bisa dilaksanakan," katanya.

Salah satu contohnya adalah ketika Rasulullah SAW menikahi Sayyidah Aisyah (Siti Aisyah) saat usianya masih 9 tahun. Kemudian baru diajak satu atap dan digauli setelah usianya benar-benar cukup.

Hal tersebut membuktikan, pandangan Islam tentang pernikahan itu sesuatu yang harus dipikirkan. Khususnya kembali lagi, bagi mereka yang sudah baligh dan mampu untuk menunaikannya.

"Tapi kembali lagi, harus secara adat dan kebiasaan berbagai macam tempat. Dasarnya Islam melihat pernikahan itu setelah baligh, dia boleh menikah," tutupnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini