nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Orang Beriman Tak Inginkan Surga jika Tahu Hal Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 14:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 11 614 2103459 orang-beriman-tak-inginkan-surga-jika-tahu-hal-ini-A3kXG9Fera.jpg Orang beriman tak terlalu mengharapkan surga (Foto: Istockphoto)

Selama ini umat muslim selalu mengharapkan surga usai meninggal dunia. Namun orang beriman sejatinya tak melulu mengharapkan surga dari Allah.

 Ngerinya siksa api neraka

Surga memang menjadi hadiah atau imbalan terindah bagi orang beriman. Selain itu surga juga banyak dijanjikan untuk mereka yang memang dekat dengan Allah SWT. Tapi, sejatinya ada hal yang luput dari perhatian umat muslim pada umumnya.

Ketua Pergerakan Majelis Taklim (Permata) Indonesia DKI Jakarta, Ustadz Mahfud Said mengatakan, ketika Anda tahu ada hal lain di sisi Allah maka surga tak lagi Anda harapkan. Apa hal tersebut hingga bisa menggantikan surga sebagai tujuan hidup?

Ustadz Mahfud menjelaskan, surga bukan menjadi keinginan orang beriman lagi tatkala mengetahui apa yang ada di sisi Allah SWT, yaitu siksa api neraka yang mengerikan.

Bahkan, lanjut Ustadz Mahfud, orang kafir akan berusaha mengejar dan tidak berputus asa begitu mengetahui rahmat Allah yang begitu luas.

Pernyataan ini sejalan dengan hadist Rasulullah yang diriwayatkan Imam Muslim berikut ini:

"Seandainya orang mukmin mengetahui apa yang ada di sisi Allah berupa siksaan, niscaya tiada seorang pun yang tamak menginginkan surga-Nya. Seandainya orang kafir mengetahui apa yang ada di sisi Allah berupa rahmat, niscaya tiada seorang pun yang berputus asa dari rahmat-Nya." (HR Abu Hurairah)

Maksud hadist ini, terang Ustadz Mahfud, bagi orang yang beriman, begitu mengetahui ada siksaan yang begitu pedih, seorang yang beriman memilih tidak masuk surga. Bagi orang beriman yang terpenting adalah tidak mendapatkan siksaan yang sangat pedih dari Allah SWT tersebut.

Sedangkan bagi orang kafir, begitu mengetahui begitu besar kasih sayang dari Allah SWT, yaitu dari rahmat-Nya, maka orang kafir akan terus berjuang dan tidak putus asa untuk mendapatkan kasih sayang-Nya, yaitu mendapatkan dan mengharapkan rahmat-Nya.

"Tetapi, banyak yang tidak mengetahui bahkan tidak mau tahu akan kasih sayang-Nya ini yang begitu luas," ungkap Ustadz Mahfud.

1
3

Berita Terkait

Serba-serbi Muslim

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini