nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raih Top Award, Masjid Ini Dedikasikan untuk Jamaah yang Dibunuh

Della Astrini, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 16:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 13 614 2104499 raih-top-award-masjid-ini-dedikasikan-untuk-jamaah-yang-dibunuh-M8rtPhVuYV.jpg Masjid di Birmingham meraih top award (Foto: About Islam)

Sebuah Masjid di Birmingham memenangkan penghargaan tertinggi atau top award sebagai masjid terbaik di Inggris dalam penghargaan tahunan kedua British Beacon Mosque Awards.

 Masjid di Birmingham raih top award

Masjid di Birmingham yang meraih penghargaan top award kali ini adalah The Green Lane Masjid and Community Centre (GLMCC). Pengurus masjid dan jamaah senang mengetahui prestasi yang diraih.

"Mereka mempunyai 10 penghargaan untuk diberikan kepada masjid-masjid dan institusi muslim. Tahun ini kami menang dalam satu kategori yakni masjid terbaik dan itu merupakan yang paling bergengsi," ujar General Manager The Green Lane Masjid and Community Centre (GLMCC), Kamran Hussain.

"Kami senang bisa menerima penghargaan ini. Akhirnya kerja keras yang selama ini kami lakukan diakui dengan baik," tambahnya.

Seperti dilansir About Islam beberapa hari lalu, pada 2018 Faith Associates mengeluarkan Beacon Mosque Standards yang berisi aturan untuk menciptakan standar global bagi masjid-masjid di Inggris.

Masjid-masjid ini dievaluasi dalam 10 kategori, mulai dari kontribusi kepada komunitas setempat, manajemen masjid, dan pengaturan masjid. Lalu diakreditasi, ada akreditasi bintang tiga, empat, atau lima.

Penghargaan tahunan Beacon Mosque Awards kali ini berlangsung pada 9 September di London. Para pesertanya masjid-masjid, institusi muslim yang berusaha keras memenuhi standar yang dibuat oleh Faith Associates.

Salah satu wakil GLMCC Hussain mengatakan, ia mendedikasikan penghargaan ini untuk anggota jamaah yang dibunuh secara brutal saat pulang setelah beribadah.

"Saya sudah pernah membahas islamofobia ketika saya datang untuk menerima penghargaan bagi masjid kami. Oleh karena itu, kami mendedikasikan penghargaan ini untuk jamaah kami yang dibunuh akibat islamofobia pada 2013," terang Hussain.

Seorang jamaah dibunuh usai beribadah di masjid GLMCC. Mohammed Saleem dibunuh oleh penganut sayap kanan garis keras pada 2013 saat pulang dari beribadah. Ia jadi korban islamofobia.

Masjid GLMCC terletak di sudut Green Lane, Small Heath, Birmingham. Salah satu bangunan pada awalnya dibangun sebagai perpustakaan umum dan pemandian, dirancang oleh arsitek lokal Martin dan Chamberlain. Masjid ini dibangun dengan bata merah dan bergaya terakota gotik-Jacobean antara tahun 1893 dan 1902.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini