nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah BJ Habibie Kesulitan Menemukan Masjid di Jerman

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 19:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 13 614 2104574 kisah-bj-habibie-kesulitan-menemukan-masjid-di-jerman-qjy54XPTnv.jpg BJ Habibie. Foto: Istimewa

PRESIDEN ketiga RI BJ Habibie meninggal pada Rabu 11 September 2019. Semasa hidupnya ia dikenal sebagai pribadi yang taat beragama.

Dalam wawancara di salah satu stasiun televisi nasional, BJ Habibie bercerita tentang pengalaman spiritualnya, terutama saat menempuh pendidikan di Jerman. Kala itu ia kesulitan menemukan masjid.

"Saya ini pendidikan islamnya kuat sekali. Di tempat saya belajar (Jerman), itu tidak ada masjid. Itu daerah katolik," kata Habibie.

Di tengah susahnya menemukan masjid, ia ingin salat dan mendoakan orangtuanya. Karena terpaksa, ia pun beribadah secara Islam di gereja.

"Ada kalanya saya dalam keadaan benar-benar sedih.Dalam keadaan itu, kalau saya merindukan orangtua, saya masuk ke gereja. Di depan gereja saya bilang, Tuhan gedung ini dibuat oleh manusia yang cinta kepadaMu. Saya juga cinta kepadaMu Tuhan. Dan saya yakin, hanya ada satu Tuhan yang Maha Esa. Perkenankanlah saya masuk berdoa untuk Kamu, untuk orangtua saya," tambah BJ Habibie.

Di dalam gereja yang Habibie singgahi ini dipenuhi dengan lilin dan alunan musik. Dia pun tidak mempermasalahkan itu semua, karena tujuannya hanya berdoa kepada Allah dan mendoakan orangtuanya yang kini jauh.

Habibie pun duduk di bangku paling belakang dan mengucapkan takbir, Allahuakbar. "Itu ada lilin, ada musik ya enggak apa-apa. Saya di bangku terakhir. (lalu mengucapkan) Allahuakbar," tutupnya.

Salah satu kisah islami berikutnya dari BJ Habibie yakni ketika ia suka mendengar istrinya mengaji pada waktu subuh.

“Meski ketika saya sedang bekerja, ibu selalu menanti saya sambil membaca Alquran. Ibu baca sekurang-kurangnya satu sampai satu setengah juz,” ujar BJ Habibie ketika jiarah ke makam istrinya beberapa tahun lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini