nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dibangun dari Dana Umat, Klinik Ini Beri Layanan Cuci Darah Gratis

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 19:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 13 614 2104585 klinik-hemodialisa-izi-dari-dana-umat-islam-untuk-kaum-duafa-1BBH1vHis2.jpg Ilustrasi. Foto: USAtoday

KLINIK Hemodialisa Inisiatif Zakat Indonesia (HD IZI) memberikan pelayanan cuci darah gratis bagi pasien yang harus rutin cuci darah karena menderita gagal ginjal. Namun layanan tersebut hanya diperuntukan untuk kaum duafa atau masyarakat tidak mampu.

"Klinik HD IZI dari awal dibangun untuk penderita gagal ginjal kaum duafa (fakir dan miskin)," ujar Manager Klinik Hemodialisa IZI, Luqman Jasin kepada Okezone, Kamis, (12/10/2019).

Luqman juga mengatakan, Klinik Hemodialisa yang berlokasi di Depok dan Jalan Ahmad Adnawijaya, Kota Bogor, dibangun murni dari hasil dana umat Islam yang kemudian dikelola untuk membantu kepentingan kaum duafa. "Untuk tanahnya (pengadaan lahan klinik) kita kerjasama dengan i wakaf (inisiatif wakaf)," paparnya.

Menurut Luqman, dibukanya Klinik Hemopdialisa juga sebagai respons terhadap meningkatnya penderita gagal ginjal yang setiap tahunnya mencapai 98 persen. Mereka membutuhkan layanan cuci darah gratis

Di antara penderita tersebut tentu ada kaum duafa pemegang kartu BPJS Kesehatan. Hanya saja BPJS tidak menanggung semua biaya perobatan sehingga butuh pertolongan dari pihak lain.

"Tidak semua pengobatan ditanggung BPJS, karena itu kami ingin membantu ikhtiar mereka untuk berjuang sembuh dari gagal ginjal. Banyak penderita gagal ginjal miskin dan duafa terhenti perjuangannya karena tidak punya biaya. Tidak sedikit yang pasrah hingga nyawa menjadi taruhannya," katanya.

Luqman melanjutkan, bagi kaum duafa yang ingin berobat ke klinik HD Hemodialisa ini, akan lebih dulu disurvei oleh petugas, kemudian dilakukan interview. Jika dinyatakan layak mendapat bantuan, maka diperbolehkan datang ke klinik untuk diobati. (abp)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini