nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ribuan Umat Islam Indonesia dan Malaysia Gelar Doa Bersama Minta Hujan

Della Astrini, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 20:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 13 614 2104614 ribuan-umat-islam-indonesia-dan-malaysia-gelar-doa-bersama-minta-hujan-HfuReGx73v.jpg Umat Islam berdoa minta hujan (Foto: Wbur)

Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Tanah Air. Ribuan umat Islam di Indonesia dan Malaysia melaksanakan doa bersama minta hujan.

 Muslim doa bersama

Umat Islam melakukan doa bersama agar hujan segera turun. Ribuan orang di Pekanbaru, Riau berdoa agar hujan segera turun. Mereka berdoa di luar kantor gubernur. Banyak jamaah menggunakan masker untuk melindungi diri dari asap.

Doa bersama juga dilakukan di beberapa kota di Kalimantan. Udara di beberapa kota di Kalimantan kualitas udaranya sangat tidak sehat karena kabut asap sehingga memaksa pihak berwenang untuk menutup sekolah sementara.

Beberapa masjid di Malaysia juga mendorong umatnya untuk melakukan doa bersama agar turun hujan.

Sebagai umat Islam, ada baiknya kita ikut mendoakan saudara kita di wilayah lain agar selamat dari bahaya kebakaran hutan dan asap. Ini doa untuk meminta hujan yang bisa kita baca:

اَللَّهُمَّ اَنْتَ اللهُ لَاإِلَهَ إِلاَّ اَنْتَ اْلغَنِيُّ وَنَحْنُ اْلفُقَرَاءُ ، أَنْزِلْ عَلَيْنَا اْلغَيْثَ ، وَاجْعَلْ مَا اَنْزَلْتَ لَنَا قُوَّةً وَبَلاَغاً إِلَى حِيْنٍ

"Allohumma antallahu la ilaha illa antal ghaniyyu wa nahnul fuqoro-u anzil ‘alainal ghaitsa waj’al ma anzalta lana quwwatan wa balaghan ila hinin."

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Allah, tiada Tuhan melainkan Engkau yang Maha Kaya dan kami sangat butuh, turunkan atas kami hujan dan jadikan apa Engkau turunkan sebagai kekuatan bagi kami dan bekal sampai masa yang ditetapkan.

Kebakaran hutan dan lahan melanda Pulau Sumatera dan Kalimantan selama lebih dari sebulan. Guna mengatasi bencana kebakaran ini, pemerintah telah mengerahkan 9.000 personel militer, polisi dan badan penanggulangan bencana.

Pusat meteorologi Association of Southeast Asian Nations (ASMC) menyatakan, jumlah total kebakaran di Kalimantan sebanyak 474. Sedangkan di Sumatara terjadi 387 kebakaran.

Seperti dilansir Asia News, negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura terus mengeluh kepada Pemerintah Indonesia tentang kabut asap yang disebabkan oleh api.

Kebakaran sering kali terjadi akibat pembukaan lahan bagi perkebunan kelapa sawit dan akasia yang tak terbatas jumlahnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini