Share

Yuk, Liburan Seru ke Tiga Wisata Halal Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 16 September 2019 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 16 615 2105479 yuk-liburan-seru-ke-tiga-wiasata-halal-ini-6zDFsO8bjW.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAIN menjadi industri halal terbesar, Indonesia juga memiliki beberapa destinasi wisata halal, yaitu segala konsepnya sudah berbasis syariah. Jadi, bukan hal yang mustahil jika nantinya Indonesia akan menjadi kiblat halal di seluruh dunia.

Memiliki ragam bahasa, budaya dan agama, Indonesia menjadi salah satu negara yang sering jadi incaran para traveler. Mayoritas penduduknya adalah Muslim, tentu saja memiliki beberapa kawasan wisata halal yang bisa Anda sambangi.

Nah, berikut ini adalah tiga kawasan wisata halal di Indonesia yang harus Anda kunjungi. Apa saja?

Lombok

Tetangga dari Pulau Dewata Bali ini ternyata sudah jadi destinasi wisata halal yang bisa Anda kunjungi. Potensi alamnya yang begitu cantik memesona. Bagi para wisatawan, bisa mencoba snorkeling menjelajahi hamparan trumbu karang yang indah.

Pulau yang terletak di bagian Timur Indonesia ini pun dikenal dengan Pulau Seribu Masjid. Jadi bagi Anda yang sedang plesiran ke Lombok tidak perlu khawatir mencari tempat untuk salat. Penduduknya pun mayoritas beragama Islam, jadi segala macam kuliner yang dijajakan sudah terjamin kehalalnya.

Selain itu, Pulau Lombok juga telah memboyong berbagai macam penghargaan, loh. Seperti WorldBest Halal Honeymoon 2015, World Best Halal Tourism Destination dan Wisata Halal Indonesia 2016.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sumatera Barat

Kemudian ada di Sumatera Barat. Jika diingat yang paling berkesan dari daerah ini adalah masakannya yang luar biasa lezatnya, misalnya nasi kapau. Restoran Padang pun tersebar di seluruh penjuru Nusantara.

Potensi wisata halal di daerah ini juga sangat kuat. Penduduknya mayoritas adalah Muslim dan sudah pasti sesuatu yang ditawarkan terjamin kehalalannya.

Sekain itu, Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi wisata halal terbaik dunia 2019 yang ditetapkan oleh Global Muslim Travel Index (GMTI).

Aceh

Dijuluki denga serambi Makkah, Aceh masuk dalam kawasan destinasi wisata halal di Indonesia. Menurut versi Kementerian Pariwisata, Aceh dinobatkan menjadi Destinasi Budaya Ramah Wisata Muslim terbaik. Sedangkan Ibu Kota provinsi Nanggroe Aceh Darussalam lebih dulu didapuk sebagai World Islamic Tourism 2104.

Ikon utama dari daerah ini adalah Masjid Baiturrahman. Meski pernah menjadi korban sapuan tsunami, tapi masjid satu ini masih tetap kokoh berdiri. Hingga kini masjid tersebut jadi salah satu tujuan utama bagi para wisatawan yang sedang melancong ke Aceh.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini