nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fenomena Maraknya Pacaran, Ustadz Yusuf Mansur Serukan Bertaubat

Yunita, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 17:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 17 614 2106018 fenomena-maraknya-pacaran-ustadz-yusuf-mansur-serukan-bertaubat-QPECGmNjBz.jpg Ustadz Yusuf Mansur. Foto: Okezone

BIASANYA pada zaman sekarang, fase paling umum yang dilakukan pria dan wanita sebelum menikah adalah berpacaran. Bukan hal yang baru lagi fenomena muda-mudi nongkrong berduaan di kafe, restoran, dan tempat lainnya. Lalu apa pandangan Ustadz Yusuf Mansur mengenai maraknya pacaran?

Dalam video yang diunggah Ustadz Yusuf Mansur ke akun Instagramnya, ia mengatakan Islam melarang pacaran. Berikut kutipan dari video tersebut:

“Anak-anak sekarang kelakuannya masyaAllah. Habis contohnya TV sih. Contohnya TV, contohnya TV. Misalnya pegangan tangan (Red, dianggap) sudah engga apa-apa, cipika-cipiki engga apa-apa,” ucapnya dalam video itu,” ucapnya.

"(Red. Padahal) engga ada judulnya pacaran, engga ada. Pacaran Islami engga ada. Engga ada pacaran Islami, engga ada," kata Ustadz Yusuf Mansur.

Oleh karena maraknya fenomena pacaran, Ustadz Yusuf Mansur pun berdoa agar anak-anaknya serta anak-anak Indonesia terhindar dari pacaran. Berikut doanya seperti yang ditulis sebagai caption videonya:

"Saya berdoa untuk anak saya, Wirda, dan anak-anak saya yang lain, serta saudara-saudaranya wirda dan anak-anak Indonesia semua. Teruslah belajar, termasuk dari kesalahan. Perbanyak Istighfar, taubat," tutur Ustadz Yusuf Mansur.

"Dan termasuk belajar dari pengalaman berbuat kesalahan. Berdoa juga sama Allah SWT serta minta bimbingan. Untuk Wirda dan anak-anak Indonesia, semangat ya. Semangat terus dalam memperbaiki diri dan tetap berkarya. Semoga bila kalian berbuat salah, ayah dan ibu kalian memberi pelukan serta cinta kasihnya," ucap Ustadz Yusuf Mansur.

Sementara itu, ada beberapa surat seputar larangan berpacaran dalam Islam. Salah satunya yakni:

Surat An-Nur Ayat 30

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat".

Kemudian ada juga hadis terkait ini;

لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ باِمْرَأَةٍ إِلاَّكاَنَ ثَالِثَهُمَا الشَّيْطَانُ

Artinya: “Tidaklah seorang laki-laki berkhalwat dengan seorang wanita, melainkan yang ketiga dari mereka adalah syetan“. (HR. At-Tirmidzi)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini