nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengintip Replika Masjidil Haram di Kelantan Malaysia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 14:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 20 615 2107273 mengintip-replika-masjidil-haram-di-kelantan-malaysia-SPjg2K8JrV.jpg Replika Masjidil Halal di Kelantan (Foto: Halal Zilla)

Setelah melalui proses pembangunan yang memakan waktu hingga 3 tahun lamanya, masjid kebanggaan warga Kelantan, Malaysia akan selesai dibangun dalam beberapa bulan ke depan. Sejak awal pembangunan, Masjid Razaleigh di Gua Musang digadang-gadang menyerupai Masjidil Haram di Makkah.

 Replika Masjidil Haram

Masjid ini memiliki 9 menara yang berdiri kokoh mengelilingi area masjid, mirip kepunyaan Masjidil Haram, indah banget. Pengunjung yang memasuki area masjid akan merasakan nuansa yang sama seperti saat memasuki Masjidil Haram.

Perbedaannya hanya terletak pada arah kiblat. Bila di Makkah umat muslim salat di depan Kakbah. Kalau di Masjid Razaleigh jamaah menghadap ke arah kiblat yang arahnya menuju ke halaman terbuka.

Ketua Pembangunan Masjid Razaleigh Abdul Aziz Yusoff mengatakan, saat ini Masjid Razaleigh masih dalam tahap finishing. Bila proses pembangunan sudah selesai, masjid tersebut diklaim dapat menampung lebih dari 3.000 jamaah.

Total biaya yang digunakan untuk membangun masjid ini diperkirakan menyentuh angka Rp 94 miliar. Proses pembangunan sendiri sudah dilakukan sejak tahun 2016 lalu.

"Proyek masjid ini sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah untuk masyarakat di Gua Musang. Masjid yang memiliki luas sekitar 6.500 meter persegi ini dibangun menggunakan material lokal. Secara umum, beberapa struktur bangunan terinspirasi dari Masjidil Haram, terutama untuk menara, kubah, dan area King Abdul Aziz yang menjadi area utama masjid," tutur Abdul Aziz, seperti dilansir Okezone dari Halalzila, Jumat (20/9/2019).

Masjid Razaleigh akan menyediakan replika Kakbah berukuran mungil untuk mereka yang ingin berlatih sebelum berangkat Haji. Beberapa fasilitas lainnya antara lain, ruang komputer, perpustakaan, toilet, area parkir, aula, dan ruangan khusus untuk Imam masjid.

Warga lokal menggambarkan Masjid Razaleigh sebagai salah satu ikon yang dapat menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia. Mereka percaya kehadiran masjid ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Buat traveler muslim yang ingin mengunjungi Masjidil Haram tapi masih terkendala biaya, bisa loh main ke replika Masjidil Haram ini. Setidaknya bisa mengobati rindul pada baitullah!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini