nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jasa Erdogan di Balik Megahnya Masjid Katedral Moskow

Selasa 24 September 2019 16:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 24 615 2108728 jasa-erdogan-di-balik-megahnya-masjid-katedral-moskow-keBqWPxlnK.jpg Megahnya Masjid Katedral Moskow (Foto: AFP)

Masjid Katedral Moskow atau Moscow Cathedral Mosque dibuka untuk beribadah dan salat sejak tahun 1904. Masjid tersebut juga tak pernah ditutup lagi dan terus digunakan. Bahkan selama dua perang dunia dan perang saudara Rusia tahun 1930-an, masjid ini selalu dibuka untuk umum. Namun tahukah Anda, ada jasa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam renovasi masjid megah ini.

 Masjid yang megah

Seperti dilansir AA, Masjid Katedral Moskow sudah direnovasi empat tahun lalu. Renovasi masjid berwarna turquoise yang indah ini mendapatkan bantuan yang signifikan dari Turki dan jasa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

"Kami berterima kasih kepada Republik Turki, rakyat Turki, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas kontribusi mereka untuk melakukan renovasi pada masjid ini. Kami juga selalu mendoakan mereka," kata Mufti Agung Ravil Gainutdin pada upacara peringatan ulang tahun Masjid Katedral Moskow pada Senin (23/9/2019).

Lebih dari 500 tamu terhormat dari 50 negara datang ke Moskow untuk ikut serta merayakan ulang tahun Masjid Katedral Moskow yang ke-115. Para tamu terhormat yang hadir antara lain para menteri urusan Islam dan rektor dari lembaga pendidikan Islam terbesar di Bahrain, Mesir, Oman, Turki, Arab Saudi, dan Kazakhstan.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pernah menjadi tamu kehormatan pada pembukaan Masjid Katedral Moskow pada 23 September 2015.

"Masjid ini akan menjadi pusat spiritual yang sangat penting bagi umat Islam di Moskow dan seluruh Rusia," kata Putin saat pembukaan masjid tersebut usai direnovasi seperti dilansir Kuwait Times.

"Masjid Katedral Moskow akan menjadi sumber pendidikan, menyebarkan ide-ide humanisme, dan nilai-nilai Islam yang sebenarnya," lanjut Putin.

Masjid berkubah turquoise ini dapat menampung lebih dari 10.000 jamaah dan merupakan salah satu yang terbesar di negara itu yang akan membantu melayani sekitar 20 juta muslim di Rusia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini