Hujan Tak Kunjung Datang, Ratusan Santri Salat Istisqa

Jum'at 27 September 2019 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 27 614 2110179 hujan-tak-kunjung-datang-ratusan-santri-salat-istisqa-266bfMhPWD.jpg Ilustrasi Salat Istisqa (Foto: Okezone)

Ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Lailatul Qodar, Kenep, Sukoharjo, Jawa Tengah, bersama warga sekitar melaksanakan Salat Istisqa untuk meminta hujan pada Jumat (27/09/2019).

 Salat Istisqa dilakukan di berbagai masjid untuk minta hujan

Salat Istisqa dilakukan karena para santri dan warga setempat merasa prihatin dengan kondisi kemarau panjang. Apalagi musim kemarau kali ini diperparah oleh kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah di Tanah Air.

Kepala Pondok Pesantren Lailatul Qodar, Daryanto mengatakan, Salat Istisqa merupakan kegiatan rutin yang digelar pesantren setiap setahun sekali saat musim kemarau. Kegiatan ini digelar sebagai bentuk keprihatinan akibat kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan. Apalagi warga sampai mengalami kesulitan mendapatkan air.

“Salat meminta hujan atau Istisqa sengaja kami laksanakan dengan melibatkan santri dan warga sebagai bentuk keprihatinan atas kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan. Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk edukasi kepada para santri, yakni saat mereka membutuhkan bantuan, mereka harus meminta pada Allah. Dengan Salat Istisqa diharapkan hujan segera turun,” terang Daryanto.

Menurut Daryanto, santri harus memahami kalau kekeringan merupakan sebuah ujian dari Allah. Oleh karena itu para santri harus menghadapinya dengan sabar dan ikhlas.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Para santri, terang dia, juga diminta untuk terus berdoa supaya hujan segera turun sehingga sumur terisi air. Hujan selalu dirindukan umat manusia saat kemarau panjang.

Seperti dilansir KR Jogja, Daryanto juga menekankan perlunya para santri untuk terus mengamalkan perbuatan baik. Selain itu, masyarakat diminta untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan agar bangsa Indonesia semakin maju.

Lurah Kenep, Kecamatan Sukoharjo Kota, Mudiarso mengatakan, Salat Istisqa yang digelar Pondok Pesantren Lailatul Qodar itu merupakan kegiatan yang baik. "Salat Istisqa tidak hanya melaksanakan ibadah saja namun juga memberikan edukasi pada para santri dan masyarakat."

“Kekeringan akibat kemarau panjang harus dimaknai kalau kita sebagai manusia sejatinya bergantung penuh pada Allah. Termasuk meminta hujan dengan melaksanakan salat meminta hujan,” terangnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya