nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miniatur Sudah Ada, Museum Sejarah Nabi Dibangun Tahun Depan di Indonesia

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 17:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 01 614 2111619 miniatur-sudah-ada-museum-sejarah-nabi-dibangun-tahun-depan-di-indonesia-FTKeYx2skY.jpg Wakil Ketua Umum DMI Syafruddin Bersama Pendiri Yayasan Wakaf Assalam Dr Nasser Misfir Az Zahrani

Setelah penandatanganan MoU pendirian Museum Sejarah Nabi dan Peradaban Islam di Indonesia, Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Syafruddin melihat langsung miniatur Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam yang terletak di dalam komplek Istana Gubernur Madinah, Selasa, (01/10/2019).

"Sekarang saya di Madinah Al Munawwarah, melihat miniatur yang rencana akan dibangun museum ini di Indonesia. Ternyata akan dibangun serentak di Makkah dan Madinah," ujar Syafruddin.

Museum sejarah Nabi terbesar di dunia sedianya akan dibangun di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, dalam waktu dekat. Lokasi persisnya di dekat Universitas Islam Internasional Indonesia.

Syafruddin menambahkan, Langkah-langkah berikutnya adalah membuat perencanaan karena lokasi pembangunan sudah tersedia. Kemudian infrastrukturnya sudah disiapkan oleh Yayasan Assalam. "Jadi Insya Allah, berkat doa Indonesia kita akan laksanakan sesegera mungkin (membangun), secepat mungkin dalam satu tahun," katanya.

"Kita satu bulan lagi, akan rapat lagi di Jeddah untuk mengatur langkah-langkah teknis karena perencanaan itu sudah siap segalanya. Itu tinggal perencanaan teknis yang kita kongkritkan. Insya Allah dalam satu tahun bisa selesai," tambahnya.

Pendiri Yayasan Wakaf Assalam Makkah, DR. Nasser Misfir Az Zahrani pun mengucapkan selamat kepada Indonesia karena sebentar lagi akan memiliki Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW dan jadi yang terbesar di dunia.

"Sebentar lagi akan lahir dan akan terwujud Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW. yang terbesar di dunia dan berbeda dengan yang lainnya," papar Nasser.

DR. Nasser melakukan riset pembangunan museum ini selama 13 tahun dan akan berjalan seterusnya. Tahun depan dapat dipastikan museum tersebut akan segera terwujud.

Selain sejarah Nabi Muhammad yang akan hadir di museum ini, terdapat pula sejarah masuknya Islam di Indonesia. "Setelah sejarah Nabi kemudian ada sejarah masuk Islam ke Indonesia," pungkasnya.

Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syaikh Dr. Muhammad Abdul Karim Al-Isa menambahkan, Indonesia sangat layak menjadi negara pertama, karena Indonesia negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, dan Islam Indonesia merupakan Islam yang moderat, penuh dengan keberagaman dan toleransi.

"Indonesia memiliki perhatian yang sangat besar terhadap Nabi Muhammad SAW, dan pembangunan museum di Indonesia akan mengirimkan pesan kepada dunia bahwa Indonesia menjadi negara pertama yang menyebarkan misi risalah Rasulullah yang penuh dengan akhlak mulia, kedamaian dan kasih sayang," jelas Al-Isa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini