Share

Anjuran Bertakwa dalam Mencari Rezeki

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 07 330 2113747 anjuran-bertakwa-dalam-mencari-rezeki-1imd6GBtxI.jpg Anjuran bertakwa dalam mencari rezeki (Foto: Okezone)

Orang hebat selalu berkata, ketika Anda berusaha dengan sungguh-sungguh dalam mengejar impian, maka manisnya hasil akan Anda rasakan kelak. Ucapan ini menjadi penyemangat untuk siapa pun yang saat ini tengah berkeluh keringat mengejar mimpi dan mencari rezeki.

 Bertakwa dalam mencari rezeki

Umat manusia diminta mencari rezeki yang halal. Sebab Allah meridhai rezeki halal.

Ustadz Mahfud Said mengatakan, lihatlah salah satu ayat Alquran berikut ini:

قَالَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنزلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لأوَّلِنَا وَآخِرِنَا

Artinya, "Isa putera Maryam berdoa; Ya Tuhan kami, turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Maha Mulia." (Al Maidah: 114).

Dijelaskan Ustadz Mahfud, ayat tersebut turun saat Nabi Isa AS berdoa pada Allah SWT karena tempatnya berpijak sangat miskin dan ia berharap Allah SWT memberi rezekinya. Di ayat lain dalam surat yang sama, Nabi Isa AS berkata:

اتَّقُوا اللَّهَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Artinya, "Bertakwalah kepada Allah SWT jika kalian benar benar beriman". (Al Maidah: 12).

Dari dua ayat tersebut dapat dimaknai, Nabi Isa AS mencoba memberikan penjelasan kepada umatnya untuk bertakwa kepada Allah SWT. Dia juga sebetulnya mengharapkan umatnya tidak serta merta mengartikan rezeki turun dari langit.

"Tapi, itu dimaknai dengan kita sebagai umat diminta untuk tetap bertakwa kepada Allah SWT selagi berusaha mencari rezeki. Ini adalah tindakan muslim yang benar-benar beriman," papar Ustadz Mahfud Said pada Okezone melalui pesan singkat, Senin (7/10/2019).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dari ayat itu juga dapat diartikan, jika Anda benar-benar beriman pada Allah, maka cari dan kejarlah rezeki halal tersebut.

Ini juga menunjukan bukti keimanan Anda pada Allah SWT. Dengan bekerja keras untuk mencari rezeki halal, maka saat Anda bekerja keras juga mendapatkan ridha Allah SWT.

"Apapun pekerjaan kita (tentunya yang halalan wa thoyyiban) adalah wujud keimanan kita kepada Sang Pemberi Rejeki. Ayat ini juga jadi jawaban telak bagi kita, bahwa jelas sekali pekerjaan kita langsung berhubungan dengan keimanan," paparnya.

Ustadz Mahfud Said pun menghaturkan doa, semoga hari ini kita semua mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam mencari rezeki sebagai wujud keimanan. Amin.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini