nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bayi Kembar Irish Bella Jadi Syafaat di Akhirat? Ini Penjelasan Ustadz

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 16:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 07 614 2113888 bayi-kembar-irish-bella-jadi-syafaat-di-akhirat-ini-penjelasan-ustadz-X8o43M0Kpz.jpg Irish Bella keguguran (Foto: Inst)

Kabar duka menyelimuti pasangan artis Ammar Zoni dengan Irish Bella. Mereka baru saja kehilangan bayi kembar dalam kandungan Irish Bella.

 Irish Bella

Dengan hati yang tabah, Ammar Zoni dan Irish Bella pun mengikhlaskan kedua buah hatinya tersebut.

Dalam Islam bayi yang meninggal dalam kandungan atau sesaat setelah lahir akan menjadi tabungan atau syafaat untuk kedua orangtuanya di akhirat nanti.

Salah satu pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta Ustadz Agustin Amirudin mengatakan, seorang anak yang meninggal telah jelas akan mendapatkan keutamaan untuk orangtuanya.

"Berkenaan dengan anak kecil yang meninggal, terlebih yang masih berada di dalam kandungan ibunya, sebenarnya telah jelas seperti yang disabdakan oleh Rasulallah bahwa setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah," ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (7/10/2019).

Lebih lanjut Ustadz Agustin menjelaskan, hadist Rasulullah sebagai berikut:

أطفال المؤمنين يكفله إبراهيم

"Anak-anak orang mukmin ditanggung Nabi Ibrahim di surga," (HR. Ibnu Hibbân 1826, dishahihkan oleh Al Albânî dalam Shahîhul Jâmi’ 3/155).

"Ini artinya, surga anak yang meninggal masih di dalam kandungan atau masih bayi akan ditanggung oleh Nabi Ibrahim," tambah Ustadz Agus.

Adapun doa khusus untuk orang yang meninggal, khususnya untuk bayi supaya kelak ia akan mendapatkan rahmat di sisi Allah SWT. Serta akan dilindungi dari siksa kubur dan juga tentunya menjadi syafaat bagi kedua orangtuanya.

اَللَّهُمَّ أَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا وَذُخْرًا لِوَالِدَيْهِ، وَشَفِيْعًا مُجَابًا. اَللَّهُمَّ ثَقِّلْ بِهِ مَوَازِيْنَهُمَا وَأَعْظِمْ بِهِ أُجُوْرَهُمَا، وَأَلْحِقْهُ بِصَالِحِ الْمُؤْمِنِيْنَ، وَاجْعَلْهُ فِيْ كَفَالَةِ إِبْرَاهِيْمَ، وَقِهِ بِرَحْمَتِكَ عَذَابَ الْجَحِيْمِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لأَسْلاَفِنَا، وَأَفْرَاطِنَا وَمَنْ سَبَقَنَا بِاْلإِيْمَانِ.

"Ya Allah, lindungilah dia dari siksa kubur. Ya Allah! Jadikanlah kematian anak ini sebagai pahala pendahulu dan simpanan bagi kedua orang tuanya dan pemberi syafaat yang dikabulkan doanya. Ya Allah dengan musibah ini, beratkanlah timbangan perbuatan mereka dan berilah pahala yang agung. Anak ini dikumpulkan dengan orang-orang yang saleh dan jadikanlah dia dipelihara oleh Nabi Ibrahim. Peliharalah dia dengan rahmat-Mu dari siksaan Neraka Jahim. Berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia). Ya Allah, ampunilah pendahulu-pendahulu kami, anak-anak kami, dan orang-orang yang mendahului kami dalam keimanan."

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini