nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Ciri Orang yang Diharamkan Tersentuh Api Neraka

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 16:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 08 330 2114342 4-ciri-orang-yang-diharamkan-tersentuh-api-neraka-k5Uo9r1hIX.jpg Ilustrasi. Foto: Pixels

KEHIDUPAN di dunia ini hanya sementara, sedangkan yang abadi di akhirat, dan tentunya setiap muslim mengimpikan hidup di surga, bukan di neraka. Agar terhindar dari neraka, umat Islam berlomba-lomba beramal baik.

Sebagai panduan, perlu diketahui ada empat jenis ciri orang yang diharamkan tersentuh api neraka. Ciri pertama adalah Hayyin.

“Hayyin orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin,” tulis pengasuh Pesantren Daarut Tauhiid Bandung Ustadz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) di akun Instagramnya.

Foto: Istimewa

Jenis berikutnya yang haram tersentuh api neraka adalah Layyin, yaitu orang yang lembut dan memiliki rasa kasih sayang. Kemudian Qarib, orang yang dekat, mudah akrab dan ramah.

Foto: Istimewa

Kemudian orang terakhir yang diharamkan masuk neraka adalah mereka yang Sahl, yaitu orang yang memudahkan urusan dan tidak mempersulit sesuatu.

Aa Gym menegaskan hal di atas lewat riwayat yang disampaikan Abdillah bin Mas'ud, ia berkata, telah bersabda Rasulullah SAW:

"Maukah kamu akun tunjukkan orang yang diharapkan nereka baginya?' Para sahabat menjawab; Tentu saja wahai Rasulullah! Beliau Shallallahu Alaihi Wa Sallam menjawab (Haram tersentu api neraka orang yang) Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl." (HR. At Tirmidzi Hibban, dishahihkan oleh Al-Albani).

Oleh karena itu Aa Gym mengatakan keempat sifat di atas harus melekat di diri umat muslim agar terhindar dari neraka.

“Bismillaah niatkan diri kita bisa memiliki semua sifat ini, Insya Alloh terhindar dari api neraka,” tulisnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini