nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sorot Penusukan Wiranto, Ini Komentar Felix Siauw

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 14:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 14 614 2116651 sorot-penusukan-wiranto-ini-komentar-felix-siauw-rY8hdqXVeH.jpg Foto: Screenshot dari Youtube YukNgaji ID

PENUSUKAN terhadap Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto juga menjadi sorotan ustadz kondang Felix Siauw. Senada dengan Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), ia juga berharap peristiwa itu tidak dikaitkan dengan Islam.

“Kalau bagi aku sih cuma ingin mengingatkan pada diriku sendiri, bahwa akan sangat apa ya, akan jadi sesuatu yang prematur kalau seandainya senantiasa, aku takutnya, mudah-mudahan enggak, tapi arah-arah ke sana sudah terjadi, yaitu adalah sekali lagi Islam yang dijadikan sebagai sesuatu yang bertanggungjawab atas kejadian (penusukan Wiranto) ini,” ujarnya dalam rekaman video yang diunggah oleh akun Youtube YukNgaji ID beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan bahwa Islam tidak menggunakan kekerasan dalam berdakwah. Bahkan, kata Felix, Rasulullah sudah mencontohkan bahwa Islam menggunakan cara damai ketika berdakwah.

“Padahal aku ingat bangat pada 2002 aku masuk Islam, hal pertama yang aku diajarin di dalam dakwah, ketika aku belajar tentang Islam, Islam itu adalah agama yang tidak menggunakan kekerasan ketika berdakwah,” ucapnya.

“Karena kalau Rasulullah itu ingin menggunakan kekerasan, ada banyak sekali kesempatan. Tapi Rasulullah tidak menggunakan, kecuali satu keadaan itu memungkinkan untuk dilakukannya kekerasan. Seperti misalnya, contoh jihad fisabililah. Tentu saja Indonesia juga pernah perang melawan penjajah. Nah dalam hal itu mungkin diperkenankan,” tambahnya.

Sebelumnya Ketua PBNU Bidang Hukum HAM dan Perundang-undangan, Robikin Emhas juga meminta agar peristiwa penusukan Wiranto pada Kamis lalu tidak dikaitkan agama apa pun, sebab tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan.

“Segala macam tindakan kekerasan bukan merupakan ajaran. Oleh karena itu jangan ada yang mengaitkan dengan agama. Jangan ada yang mengaitkan dengan Islam. Karena Islam adalah agama damai, rahmat bagi alam semesta (rahmatan lil alamin),” tuturnya.

“Islam mengutuk segala bentuk kekerasan. Bahkan tidak ada satu pun agama di dunia ini yang membenarkan cara-cara kekerasan dalam mencapai tujuan. Untuk itu saya mendukung penuh upaya dan langkah-langkah aparat keamanan untuk mengusut cepat dan tuntas motif, pola, serta gerakan yang memicu terjadinya peristiwa tersebut,” tambah Robikin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini