nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Humor Gus Dur: Presiden Tanpa Pengalaman

Selasa 15 Oktober 2019 00:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 14 614 2116782 humor-gus-dur-presiden-tanpa-pengalaman-1kx82tg4W8.jpg Gus Dur sangat jenaka dan cerdas (Foto: Okezone)

Gus Dur satu-satunya Presiden RI yang sangat terkenal dengan memiliki banyak humor. Pemimpin dunia dari berbagai negara banyak yang dibuatnya tertawa ngakak.

Rupanya terdapat kisah lucu saat Gus Dur menjadi presiden. Ia berusaha memilih menteri-menterinya dengan baik dan penuh rasa humor.

 Mahfud MD

Hal itu pernah diceritakan oleh Mahfud MD. Saat baru diangkat sebagai presiden, Gus Dur menawari Mahfud menjadi seorang menteri.

Bukan main-main, yang ditawarkan oleh Gus Dur kala itu adalah posisi menteri pertahanan. Mahfud MD jelas kaget bukan kepalang.

Kala itu, Mahfud MD merasa tidak punya latar belakang militer atau pertahanan. Pria ini memang lebih terkenal sebagai akademisi dan pakar hukum.

“Maksudnya menteri pertanahan mungkin Gus?” kata Mahfud saat mendapatkan tawaran posisi menteri pertahanan tersebut.

“Bukan! menteri pertahanan,” jawab Gus Dur.

“Loh Gus saya kan nggak punya pengalaman jadi menteri pertahanan, kok dipilih?”, kata Mahfud.

Enteng saja Gus Dur menjawab: “Saya juga nggak punya pengalaman jadi presiden bisa dipilih.”

Seperti dilansir Santri Gus Dur, Mahfud tertawa mendengar jawaban Gus Dur yang lucu tersebut. Namun akhirnya ia mau menjadi menteri pertahanan era Gus Dur.

Gus Dur sendiri menjadi Presiden RI yang keempat dari tahun 1999 hingga 2001. Selama itu pula, Mahfud MD mendampinginya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini