Melihat Kemegahan Masjid Agung Banten yang Baru Selesai Direvitalisasi

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 17 615 2118370 melihat-kemegahan-masjid-agung-banten-yang-baru-selesai-direvitalisasi-dZlW5YrywD.jpg Masjid Agung Banten (Foto: Instagram/@dedisugandi)

PROVINSI Banten adalah salah satu destinasi wisata religi yang patut dikunjungi. Di sana banyak objek wisata yang sarat akan nilai-nilai Islam. Sebut saja Batu Qur’an, Masjid Pacinan, dan Masjid Agung Banten.

Kali ini Okezone akan membahas mengenai Masjid Agung Banten yang baru saja direvitalisasi. Masjid tersebut terletak di kawasan Banten Lama dan sudah berusia ratusan tahun. Merangkum berbagai sumber, masjid dibangun pertama kali pada tahun 1556 oleh Sultan Maulana Hasanuddin yang merupakan putra dari Sunan Gunung Jati.

Masjid Agung

Sekilas bentuk bangunan Masjid Agung Banten terlihat seperti pendopo. Atap bangunannya bertumpuk lima seperti pagoda China. Di bagian timur terlihat ada bangunan seperti mercusuar yang digunakan untuk mengumandangkan adzan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Bangunan seperti mercusuar itu bisa dimasuki oleh wisatawan. Terbuat dari batu bata, bangunan tersebut memiliki ketinggian sekira 24 meter. Untuk mencapai bagian atas bangunan, wisatawan perlu menapaki 83 buah anak tangga dan lorong yang hanya bisa dilewati oleh satu orang. Dari atas, wisatawan dapat melihat pemandangan dan perairan lepas pantai.

Masjid Agung Banten

Hal lain yang mencuri perhatian dari Masjid Agung Banten adalah kemegahan halamannya. Di halaman yang sangat luas itu, wisatawan dapat menemukan sejumlah payung raksasa elektrik layaknya di Masjid Nabawi, Arab Saudi. Payung-payung itu memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, di sekitaran halaman juga terdapat taman-taman hijau yang membuat suasana menjadi sejuk.

Di balik keindahan Masjid Agung Banten yang sekarang ini dapat dinikmati lebih nyaman oleh masyarakat, ada campur tangan Gubernur Banten Dr. H. Wahidin Halim, M.Si. Seusai dilantik pada 2017 lalu, dirinya memang memutuskan untuk melakukan revitalisasi sejumlah objek wisata guna menarik minat kunjungan.

Masjid Agung Banten

Salah satunya adalah revitalisasi Kawasan Kesultanan Banten. Cukup banyak dana yang dikucurkan untuk program revitalisasi tersebut

Atas usahanya merevitalisasi kawasan Banten Lama, Wahidin menerima penghargaan Sang Pemimpin di bidang pariwisata dari portal berita online nomor satu, Okezone.com. Penghargaan tersebut rencananya akan diberikan pada esok hari Jumat, 18 Oktober 2019. Bertempat di Ballroom Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, acara Sang Pemimpin digelar mulai pukul 17.00 WIB.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya